Tata Cara Salat Tarawih 23 Rakaat Bulan Ramadan Lengkap Doa Niat dan Bacaan Lafal Serta Dalil

- 25 Maret 2022, 14:37 WIB
Ilustrasi Al Quran. Tata cara salat tarawih beserta dengan niat salatnya saat bulan Ramadan.
Ilustrasi Al Quran. Tata cara salat tarawih beserta dengan niat salatnya saat bulan Ramadan. /PIXABAY/@hmzasefaa

BERITA DIY - Simak tata cara salat Trawih 23 rakaat pada bulan Ramadan, lengkap dengan doa niat dan bacaan lafal serta dalil.

Salat tarawih formasi 23 rakaat merupakan salah satu bentuk salat tarawih yang banyak digunakan di Indonesia, terutama oleh pengikut Mazhab Syafi'i. Pelaksanaan salat tarawih dengan formasi 23 rakaat ini diawali pada masa Khalifah Umar bin Khattab yang telah disepakati oleh mayoritas sahabat dan umatnya.

Salat yang menjadi salah satu ibadah khsus dan dikerjakan pada malam hari bulan Ramadan ini hukumnya sunnah muakkad, yaitu dianjurkan untuk ditunaikan.

Baca Juga: Keutamaan Surat Al-Kahfi jika Dibaca pada Hari Jumat, Ini Tips Mudah Membaca hingga Selesai dalam Sehari

Setiap malam bulan Ramadan, umat Islam akan berbondong-bondong menuju masjid atau musala untuk menunaikan ibadah salat tarawih secara berjamaah. Tak hanya dilakukan secara berjamaah, salat tarawih juga bisa dilakukan sendiri atau munfarid dalam istilah arab, jika berhalangan untuk berjamaah.

Awal mula istilah salat tarawih muncul pada masa Khalifah Umat bin Khattab. Sebelumnya salat tarawih hanya dianggap sebagai salat sunah yang dikerjakan ketika malam hari Ramadan oleh Nabi Muhammad saw.

Akhirnya salat sunah tarawih pada masa Umar bin Khatab dilaksanakan untuk pertama kalinya secara berjamaah sebanyak 20 rakaat tanpa wotor. Kemudian pelaksaan 20 rakaat pada masa ini diikuti oleh sebagian besar sahabat dan telah disepakati oleh umatnya.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bisa Dibaca Saat Nyekar Jelang Ramadhan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Sementara itu, Imam Malik memilih untuk melaksanakan salat tarawih sebanyak 8 rakaat. Sementara sebagian besar mazhab Maliki bersama mayoritas mazhab Syafi’i, Hanbali, dan Hanafi sepakat jika salat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x