Biografi Abbas Ibn Firnas Ilmuwan Muslim Menginspirasi Leonardo da Vinci: Sejarah Hidup, Penemuan, dan Karya

- 22 Maret 2022, 14:15 WIB
Biografi Abbas Ibn Firnas, ilmuwan muslim yang menginspirasi Leonardo da Vinci mengenai dunia penerbangan, lengkap sejarah hidup dan karyanya.
Biografi Abbas Ibn Firnas, ilmuwan muslim yang menginspirasi Leonardo da Vinci mengenai dunia penerbangan, lengkap sejarah hidup dan karyanya. /elsevier.com

BERITA DIY –Berikut biografi Abbas ibn Firnas merupakan ilmuwan Muslim yang menginspirasi Leonardo da Vinci dalam dunia penerbangan lengkap dengan sejarah hidup, penemuan, dan karyanya.

Dalam dunia ilmu pengetahuan, nama Abbas ibn Firnas tidak asing sebab ia adalah salah satu ilmuwan yang pertama kali memikirkan bagaimana manusia bisa terbang. Bahkan jauh sebelum Leonardo da Vinci memikirkan ide berlian tersebut.

Abbas ibn Firnas yang dikenal dunia barat dengan nama Armen Firman hidup sekitar abad ke-9 Masehi. Abbas ibn Firnas diperkiraan hidup 600 tahu lebih dulu sebelum Leonardo da Vinci lahir pada 15 April 1452 di Italia.

Baca Juga: Profil Ketua MK Anwar Usman yang Akan Nikahi Adik Jokowi: Biodata, Umur, Hobi, Masa Jabatan, dan Mantan Istri.

Abbas ibn Firnas memiliki nama lengkap Abbas Abu al-Qasim bin Firnas ibn Wirdas al-Takurin yang karya-karyanya menjadi inspirasi ilmuwan dunia. Karena jasa Abbas ibn Firnas dalam dunia ilmu pengetahuan, NASA mengabadikan namanya di salah satu kawah di bulan.

Tidak hanya itu, Abbas ibn Firnas juga diabadikan di bandar udara di ibu kota Baghdad, Irak dengan nama Ibn Firnas Airport. Kemudian salah satu jembatan terpanjang yang berada di Sungai Guadalquivir di Cordoba, Spanyol juga diberi nama Ibn Firnas Bridge.

Abbas ibn Firnas diperkiraan lahir di Izn-Rand Onda, Andalusia pada tahun 810 M. Dalam buku Andalucia: A Cultural History karya John Hill terbit tahun 2008 menceritakan bahwa Abbas ibn Firnas lahir pada masa keemasan Islam.

Baca Juga: Biodata Atau Biografi Ayu Kartika Dewi yang Baru Menikah: Staf Khusus Presiden, IG, Linkedin, Pendidikan

Abbas ibn Firnas hidup pada masa Kekhalifahan Cordoba yang berpusat di Andalusia atau Al-Andalus yang sekarang menjadi bagian dari Spanyol. Pada saat itu, Islam berjaya di dataran Eropa dan Asia baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun seni.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x