Bacaan Niat Mandi Wajib, Dalil, dan Tata Cara Menurut Islam Jelang Puasa Nisfu Syaban

- 17 Maret 2022, 17:45 WIB
 Ilustrasi Bacaan niat mandi wajib, dalil, dan tata cara melakukan menurut Islam menjelang Puasa Nisfu Syaban.
Ilustrasi Bacaan niat mandi wajib, dalil, dan tata cara melakukan menurut Islam menjelang Puasa Nisfu Syaban. /PIXABAY/Public Domain Pictures

BERITA DIY – Simak dalil hukum, bacaan niatan, dan tata cara untuk melakukan mandi besar atau mandi junub untuk membersihkan hadas besar sebagai salah satu syarat sah ibadah bagi umat Islam.

Mandi besar atau juga sering disebut dengan mandi junub adalah salah satu ritual dalam agama Islam untuk menghilangkan hadas besar agar sah dalam melakukan ibadah, termasuk untuk mengamalkan ibadah puasa.

Umat Islam selalu mendahulukan kebersihan sebagai salah satu syarat untuk melakukan berbagai ibadahnya. Ini juga sesuai dengan perkataan “Kebersihan sebagian dari Iman,” maka dari itu, sebelum melakukan ibadah atau amal baik, ada baiknya umat Islam untuk berwudu terlebih dahulu.

Baca Juga: Doa Niat dan Tata Cara Mandi Wajib atau Mandi Junub bagi Laki-laki yang Baik dan Benar Menurut Ajaran Islam

Namun, ada kalanya seorang umat Islam tidak cukup dengan hanya melakukan wudu saja, ada beberapa alasan dan kejadian yang mewajibkan umat Islam untuk tidak hanya melakukan wudu, tapi juga mandi besar atau junub.

Dalam Bahasa Arab, "mandi" berasal dari kata "Al-Ghuslu" yang artinya mengalirkan air pada sesuatu. Menurut istilah, "Al-Ghuslu" adalah menuangkan air keseluruh badan dengan tata cara yang khusus bertujuan untuk menghilangkan hadas besar.

Mandi wajib dalam Islam, ditujukan untuk membersihkan diri sekaligus menyucikan diri dari segala najis atau kotoran yang menempel pada tubuh. Dengan kata lain, mandi wajib merupakan cara menjaga kebersihan dan kesucian bagi umat muslim dalam kondisi tertentu dan syarat tertentu.

Baca Juga: Hal-hal yang Mewajibkan Seseorang Mandi Junub atau Mandi Wajib

Ada beberapa alasan yang mewajibkan umat Islam untuk melakukan mandi besar atau mandi junub, yaitu:

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x