Hal-hal yang Mewajibkan Seseorang Mandi Junub atau Mandi Wajib

- 27 April 2021, 20:05 WIB
ilustrasi mandi. Hal-hal penyebab seorang muslim diwajibkan mandi junub atau mandi wajib
ilustrasi mandi. Hal-hal penyebab seorang muslim diwajibkan mandi junub atau mandi wajib /pixabay/seregas

BERITA DIY - Mandi junub atau mandi janabah diartikan sebagai mandi wajib atau mandi besar dalam islam dan menjadi salah satu bagian dari bersuci.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang diwajibkan untuk melaksanakan mandi junub agar bersih dari jenis hadas besar.

Mandi junub memiliki rukun dan tata cara berbeda dengan mandi biasa sehari-hari. Diawali dengan niat dan memebrsihkan badan dan pangkal rambut hingga ujung kaki.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini: Andin dan Mama Rossa Tak Kuasa Bendung Tangis Saat Dokter Sampaikan Kabar Pilu

Berikut hal-hal yang mewajibkan seseorang melakukan mandi junub atau mandi wajib dilansir dari Rumaysho:

Keluar air mani karena syahwat (nafsu)

Air mani adalah cairan yang keluar dari daerah kemaluan, baik laki-laki maupun perempuan bisa menghasilkan air mani. Dalil yang menyebutkan diwajibkannya mandi junub jika keluar air mani salh satunya QS. An Nisa: 43.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ وَلَا جُنُبًا إِلَّا عَابِرِي سَبِيلٍ حَتَّى تَغْتَسِلُوا

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri mesjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi.” (QS. An Nisa’: 43)

Baca Juga: Selamat Jalan Selamanya, KH Mustofa Bisri atau Gus Mus Berduka atas Wafatnya Penulis Buku Atlas Wali Songo

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x