Pengertian Sapta Timira, Macam-macamnya, dan Cara Menghindarinya

- 17 Maret 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi Sapta Timira Dhana - Pengertian Sapta Timira, macam-macamnya, dan cara menghindarinya lengkap dikutip dari laman kemenag.go.id.
Ilustrasi Sapta Timira Dhana - Pengertian Sapta Timira, macam-macamnya, dan cara menghindarinya lengkap dikutip dari laman kemenag.go.id. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Simak pengertian Sapta Timira dan macam-macamnya serta cara menghindarinya lengkap di artikel ini.

Manusia merupakan satu-satunya makhluk berakal yang paling memungkinkan untuk berbuat baik dan perbuatan buruk.

Pengertian tersebut tertuang dalam Kitab Sarasamuccaya Sloka 2 dijelaskan: Manusah sarvabhutesu varttate vai subhasubhe. Asubhesu samavistam subhesvevavakarayet. Artinya: Di antara semua makhluk hidup, hanya yang dilahirkan menjadi manusia sajalah, yang dapat melaksanakan perbuatan baik ataupun perbuatan buruk; leburlah ke dalam perbuatan baik, segala perbuatan buruk itu; demikianlah guna (pahalanya) menjadi manusia.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Nama Bayi Perempuan Bali Hindu Modern dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Sifat-sifat buruk yang berada di dalam diri manusia seperti yang terdapat dalam Sapta Timira.

Pengertian Sapta Timira

Mengutip dari artikel berjudul "Mengendalikan Sapta Timira" pada laman kemenag.go.id, Sapta Timira berasal dari dua kata bahasa Sanksekerta yakni Sapta (tujuh) dan Timira (gelap atau suram).

Istilah tersebut dalam agama Hindu diartikan sebagai tujuh kegelapan yang ada dalam diri manusia yang mampu menyebabkan seseorang menjadi lupa diri, suram, ataupun mabuk.

Sapta timira dapat diartikan sebagai sifat-sifat buruk terkait beberapa aspek yang perlu dihindari oleh manusia, khususnya bagi penganut agama Hindu. Pasalnya ajaran untuk mengindarkan diri dari sapta timira tersebut perlu diamalkan oleh umat manusia terlebih lagi bagi pemeluk agama Hindu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: kemenag.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x