Amalan, Keutamaan Puasa Nisfu Syaban, Bacaan Doa Niat Dalam Bahasa Arab & Artinya serta Puasa Tanggal Berapa

- 17 Maret 2022, 09:53 WIB
Amalan tata cara, keutamaan puasa Nisfu Sya'ban dan bacaan doa niat dalam bahasa arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia serta puasa jatuh pada tanggal berapa.
Amalan tata cara, keutamaan puasa Nisfu Sya'ban dan bacaan doa niat dalam bahasa arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia serta puasa jatuh pada tanggal berapa. /PIXABAY/Konevi

BERITA DIY - Simak amalan tata cara, keutamaan puasa Nisfu Sya'ban dan bacaan doa niat dalam bahasa arab, latin dan artinya dalam bahasa Indonesia serta puasa jatuh pada tanggal berapa.

Seperti diketahui, puasa Nisfu Syaban dilaksanakan sebelum tanggal 15 dalam kalender hijriah. Mengacu kalender masehi, tanggal 15 Syaban tahun ini akan jatuh pada tanggal 18 Maret 2022.

Artinya, pelaksanaan puasa Nisfu Syaban tahun 2022 ini akan jatuh mulai Jumat, 18 Maret 2022. Bulan Syaban sendiri menjadi bulan yang istimewa bagi umat Islam.

Baca Juga: Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa dan Amalan: Sunnah Malam Sholat Berapa Rakaat, Puasa Berapa Hari?

Sebab bulan Syaban merupakan bulan yang di penghujungnya akan mempertemukan umat Islam dengan bulan Ramadhan, di mana umat Islam yang tak berhalangan akan berpuasa selama sebulan penuh.

Pada bulan Syaban, Nabi Muhammad SAW berpuasa dengan jumlah hari lebih banyak dibanding bulan sebelumnya. Hal itu diriwayatkan oleh Abu Salamah, bahwa Aisyah berkata:

"Aku tidak pernah melihat beliau (Rasulullah) berpuasa sebulan penuh selain pada bulan Syaban. Beliau puasa pada bulan Syaban secara penuh, beliau puasa pada bulan Sya'ban kecuali sedikit hari (beliau tidak berpuasa)." (H.R. Ibnu Majah).

Baca Juga: Malam Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa Beserta Tata Cara Amalan Puasa Dilengkapi Bacaan Doa Niat

Puasa jelang malam Nisfu Syaban sendiri masuk dalam golongan puasa Ayyamul Bidh atau pertengahan bulan. Hukumnya adalah sunnah, atau tidak wajib.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x