Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa dan Amalan: Sunnah Malam Sholat Berapa Rakaat, Puasa Berapa Hari?

- 16 Maret 2022, 22:39 WIB
Info Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa dan amalan yang dijalankan. Sunnah malam sholat berapa rakaat, doa niat serta puasa berapa hari?.
Info Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa dan amalan yang dijalankan. Sunnah malam sholat berapa rakaat, doa niat serta puasa berapa hari?. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak info Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa dan amalan yang dijalankan. Sunnah malam sholat berapa rakaat, doa niat serta puasa berapa hari?.

Nisfu Sya'ban sendiri merupakan peringatan pada tanggal 15 bulan 8 dari kalender Islam. Nisfu Syaban biasa dikenal sebagai Laylatul Bara’ah atau Laylatun Nisf min Sha’ban.

Pada tahun 2022, Nisfu Syaban jatuh pada hari Jumat, 18 Maret 2022. Namun amalan yang dilakukan umat Islam bisa dilaksanakan pada Kamis, 17 Maret 2022.

Baca Juga: Malam Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa Beserta Tata Cara Amalan Puasa Dilengkapi Bacaan Doa Niat

Nisfu berarti pertengahan, Syaban berarti bulan Sya'ban. Di bulan Syaban, terdapat hari yang memiliki keistimewaan dibanding hari lainnya di bulan ini.

Di bulan Syaban, diperingati malam diubahnya arah kiblat dari semula Masjidil Aqsha menuju Masjidil Haram. Di malam ini, Allah SWT diyakini mengawasi hambaNya yang mendirikan sholat malam.

Sebagian ulama salaf menganjurkan di malam Nisfu Syaban agar ditunaikan sholat Al Khair atau sholat kebaikan. Sholat ini disunnahkan, bukan hal wajib.

Baca Juga: Bacaan Doa Dimudahkan Rezeki, Hajat Termasuk Pekerjaan dan Segala Urusan Dalam Tulisan Arab dan Artinya

Dalam bulan Syaban, terdapat puasa sunnah juga yang dilakukan saat Nisfu Syaban, yang disebut puasa Nisfu Syaban pada tanggal 15 Syaban.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x