Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan Sekaligus Puasa Sunnah, Apakah Diperbolehkan? Ini Penjelasannya

- 14 Maret 2022, 10:45 WIB
 Ilustrasi - Bacaan niat qadha puasa Ramadhan sekaligus puasa sunnah. Apakah diperbolehkan? ini penjelasannya.
Ilustrasi - Bacaan niat qadha puasa Ramadhan sekaligus puasa sunnah. Apakah diperbolehkan? ini penjelasannya. / PIXABAY.com/@artadyagumelar

BERITA DIY - Simak informasi bacaan niat qadha puasa Ramadhan sekaligus puasa sunnah, apakah diperbolehkan? ini penjelasannya. Mengganti puasa Ramadhan bareng dengan puasa Senin-Kamis diperbolehkan.

Qadha artinya melaksanakan suatu ibadah di luar waktu yang telah ditentukan oleh syariat Islam. Seperti puasa Ramadhan yang dilaksanakan setelah bulannya selesai.

Lalu bagaimana cara melaksanakan puasa pengganti karena waktunya sudah selesai. Ada beberapa pertanyaan salah satunya apakah puasa pengganti tersebut harus berturut-turut atau tidak.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Apakah boleh melaksanakan qadha puasa Ramadhan sekaligus puasa sunnah?

Ada beberapa pendapat tentang pelaksanaan qadha puasa. Pertama jika puasa yang ditinggalkan berurutan maka qadhanya berurutan.

Pendapat kedua mengatakan qadha puasa tidak harus dilakukan secara berurutan dengan alasan tidak ada dalil yang mengatakan qadha harus berurutan.

Baca Juga: Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Bulan Syaban, Kapan Dilaksanakan, dan Niat Puasa Lengkap dengan Bahasa Indonesia

Al-Baqarah ayat 184 hanya menegaskan bahwa Qadha puasa wajib dilaksanakan sebanyak jumlah yang ditinggalkan.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x