Cara Mengqadha Puasa Ramadhan dan Bacaan Doa Niat Puasa Hari Senin Kamis, Ini Manfaat Puasa

- 27 Februari 2022, 18:49 WIB
Ilustrasi cara mengqadha puasa bulan Ramadhan beserta bacaan niat puasa Senin-Kamis hingga manfaat puasa bagi kesehatan.
Ilustrasi cara mengqadha puasa bulan Ramadhan beserta bacaan niat puasa Senin-Kamis hingga manfaat puasa bagi kesehatan. /PEXELS/khats-cassim-556291

BERITA DIY - Simak cara mengqadha puasa Ramadhan dan bacaan doa niat puasa hari Senin Kamis beserta manfaat puasa yang perlu diketahui.

Banyak pertanyaan cara dan tata pelaksanaan qadha puasa Ramadhan dan bacaan doa niat puasa Senin Kamis. 

Seperti yang diketahui bahwa puasa Ramadhan hukumnya wajib. Meski begitu ada kaum Muslim dan Muslimin yang dikecualikan untuk berpuasa, seperti misalnya sedang sakit, ibu hamil, maupun wanita sedang haid.

Baca Juga: Bacaan Niat Menggabungkan Puasa Senin Kamis dan Ayyamul Bidh di Bulan Rajab, Bisakah?

Allah SWT memberikan keringanan untuk mengganti hutang puasa di bulan Ramadhan tersebut di hari biasa sejumlah hari yang batal.

Ketentuan membayar hutang puasa Ramadhan ini telah dijelaskan di dalam kitab suci Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 184. 

اَيَّامًا مَّعْدُوْدٰتٍۗ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَّرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗوَعَلَى الَّذِيْنَ يُطِيْقُوْنَهٗ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِيْنٍۗ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهٗ ۗوَاَنْ تَصُوْمُوْا خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya: "(Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain. Dan bagi orang yang berat menjalankannya, wajib membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin. Tetapi barangsiapa dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itu lebih baik baginya, dan puasamu itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Baca Juga: Jadwal dan Peraturan Puasa dan Pantang Umat Katolik Selama Masa Prapaskah 2022

Lebih lanjut cara mengqadha puasa Ramadhan adalah tentunya membaca niat sebelum menjalankan ibadah tersbeut.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x