Ketahui Contoh Karya Seni Kriya, Rupa Dua Dimensi dan Lukis: Apa Saja Unsur Karya Seni?

- 10 Maret 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi - Contoh karya seni kriya, rupa dua dimensi dan lukis, apa saja unsur dari karya seni yang umum diketahui orang.
Ilustrasi - Contoh karya seni kriya, rupa dua dimensi dan lukis, apa saja unsur dari karya seni yang umum diketahui orang. /UNSPLASH/Compare Fibre

BERITA DIY - Simak informasi contoh karya seni kriya, rupa dua dimensi dan lukis, apa saja unsur dari karya seni yang umum diketahui orang.

Karya seni memiliki banyak ragam, salah satunya ada karya dua dimensi seperti seni lukis hingga ketahui tentang unsur dari karya seni tersebut.

Perbedaan yang mencolok dari sebuah karya dua dimensi ialah dimensi atau sisi yang bisa dilihat dari sebuah karya tersebut hanya dua sisi saja.

Baca Juga: Seni Rupa 2 Dimensi: Pengertian, Unsur, Teknik, dan Contohnya

Pengertian dari karya seni rupa dua dimensi sendiri adalah sebuah karya seni rupa yang hanya memiliki dua ukuran ataupun dua sisi untuk dilihat ataupun dinikmati. Sehingga seni rupa ini tidak memiliki dimensi ketiga.

Sementara seni kriya adalah karya dua dimensi yang berupa seni tenun, seperti songket hingga seni batik.

Dikutip dari Modul Prinsip Karya Dua Dimensi, seni rupa adalah salah satu cabang kesenian, seni rupa merupakan ungkapan gagasan dan perasaan manusia yang diwujudkan melalui pengolahan media dan penataan elemen serta prinsip-prinsip seni.

Baca Juga: Profil Raja Mangkunegaran Solo KGPAA Mangkunegara IX yang Meninggal Dunia: Hobi hingga Karya Seni Tari Ciptaan

Unsur-unsur seni rupa merupakan bagian terpenting dalam membuat suatu karya. Unsur seni rupa adalah semua bagian yang mendukung terwujudnya suatu karya seni rupa.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x