Apa itu Supersemar? Peristiwa Penting di Indonesia: Sejarah, Tujuan, Latar Belakang, Isi, dan Fakta Menariknya

- 5 Maret 2022, 17:10 WIB
ILUSTRASI - Apa itu Supersemar? Penjelasan mengenai sejarah peristiwa Indonesia lengkap dengan tujuan, latar belakang, isi, dan fakta menariknya.
ILUSTRASI - Apa itu Supersemar? Penjelasan mengenai sejarah peristiwa Indonesia lengkap dengan tujuan, latar belakang, isi, dan fakta menariknya. /pexels.com/pixabay

BERITA DIY – Berikut penjelasan apa itu Supersemar, salah satu sejarah penting bagi Indonesia, lengkap dengan isi, tujuan, latar belakang, dan fakta menariknya.

Supersemar adalah singkatan dari Surat Perintah 11 Maret. Pada peristiwa ini menunjukkan peralihan dari tangan Soekarno dan Soeharto.

Dalam surat ini, memberi kewenangan kepada Soeharto selaku Panglima Angkatan Darat guna mengambil alih dalam pemulihan keamanan dan ketertiban.

Baca Juga: Profil Soeharto Mantan Presiden Republik Indonesia: Biodata dan Kronologi Serangan Umum 1 Maret 1949

Surat yang ditandatangani pada 11 Maret 1966 ini penanda surat perintah penyerahan pemerintahan Orde Lama (Presiden Soekarno) ke Orde Baru (Presiden Soeharto).

Pada saat yang sama, Presiden Soekarno sedang melantik Kabinet Dwikora yang Disempurnakan yakni Kabinet 100 Menteri di Istana Merdeka.

Melihat situasi yang tidak kondusif, Soekarno diungsikan ke Istana Bogor dengan menggunakan helikopter yang didampingi oleh Wakil Perdana Menteri I, Soebandrio, dan Wakil Perdana Menteri II, Chaerul Saleh.

Penyerahan kekuasaan tersebut dilatarbelakangi oleh peristiwa G30S/PKI pada 1 Oktober 1965 yang menuding bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam dibalik pembunuhan tujuh jenderal di Lubang Buaya.

Baca Juga: Daftar Nama Anak Presiden Soeharto, Lengkap dengan Profil Singkatnya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: perpusnas.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x