Hukum Membaca Surat Yasin dalam Takziyah dan Untuk Orang Meninggal Menurut Ustadz Adi Hidayat

- 4 Maret 2022, 17:37 WIB
  Ustadz Adi Hidayat menjawab mengenai hukum membaca Surah Yaasin saat bertakziyah dan untuk orang meninggal.
Ustadz Adi Hidayat menjawab mengenai hukum membaca Surah Yaasin saat bertakziyah dan untuk orang meninggal. / Instagram.com/@adihidayatofficial

BERITA DIY – Simak keutamaan membaca Surat Yasin dalam kegiatan takziyah untuk orang meninggal melalui pendapat dari Ustadz Adi Hidayat, Lc., M.A. penceramah agama Islam sekaligus pemilik Quantum Akhyar Intitute dan Akhyar TV.

Berdasarkan penetapan tanggal awal bulan puasa Ramadhan 2022, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan bahwa bulan puasa Ramadhan akan jatuh pada hari Sabtu, tanggal 2 April 2022.

Menyambut Bulan Ramadhan, umat Islam khususnya di Indonesia memiliki kebiasaan untuk berbondong-bondong mengunjungi pemakaman sanak saudara yang telah lebih dahulu meninggal di kuburan.

Baca Juga: Bacaan Dzikir dan Sholawat Hari Jumat Sore Menurut Ustadz Adi Hidayat, Doa Apa yang Mustajab?

Dalam kegiatan takziyah ini, biasanya para pengunjung akan membaca beberapa ayat suci Al Quran, salah satunya membaca Surah Yaasin, yang merupakan surah ke-36 di kitab suci Al Quran dan terdiri dari 83 ayat.

Lantas, apa hukumnya membaca Surah Yaasin dalam kegiatan takziyah di kuburan sanak saudara yang telah meninggal?

Seperti dikutip dari BERITA DIY dalam ceramah Ustadz Adi Hidayat, L.c., M.A., di Youtube AL-HUJJAH Dakwah Islam pada video yang diunggah 27 Februari 2018, dalam video tersebut seorang jamaah bertanya kepada Ustadz Adi Hidayat terkait alasan orang yang bertakziyah untuk membaca Surah Yaasin.

Baca Juga: 4 Maret 2022 Awal Bulan Sya'ban, Ini Amalan Spesial Menurut Ust Adi Hidayat

Sebelum memaparkan alasannya, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa maksud takziyah memiliki asal kata dari azza, ya‘izzu, izzata, ta’ziyatan. Makna dari Azza menurut Ustadz Adi Hidayat adalah menopang, meninggikan, dan mendorong.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x