Apa Itu Hemodialisia? Metode Cuci Darah dengan Alat Canggih, Berikut Cara Kerjanya

- 3 Maret 2022, 20:25 WIB
Apa itu hemodialisa, berikut penjelasan selengkapnya.
Apa itu hemodialisa, berikut penjelasan selengkapnya. /Pixabay/sabinurce/

BERITA DIY - Bagi kamu pengidap penyakit ginjal dan terbiasa melalukan cuci darah tentunya tak asing dengan istilah Hemodialisa. Lantas, apa itu Hemodialisa? Berikut penjelasanya.
 
Hemodialisa atau biasa juga disebut Hemodialisis adalah sebuah terapi cuci dara yang dilakukan di luar tubuh. Dimana terapi ini umum dilakukan kepada penderita gagal ginjal.
 
Dilansir dari Healthline.com, Hemodialisis adalah perawatan yang bekerja menyaring dan memurnikan darah menggunakan mesin. Proses ini membantu menjaga cairan dan elektrolit ketika ginjal tidak dapat melakukan tugasnya.
 
Baca Juga: Apa Itu Pawai Ogoh-Ogoh? Sejarah dan Makna Ogoh-Ogoh bagi Umat Hindu yang Menjadi Tradisi Masyarakat Bali
 
Seperti diketahui, Ginjal adalah organ yang cukup vital dalam tubuh serta memiliki peranan penting untuk melakukan penyaringan darah.
 
Organ ini juga berperan dalam membentuk zat-zat penting yang diserap tubuh. Namun, pada sebagian orang terlebih pengidap masalah ginjal dimana ginjalnya tidak bisa berfungsi secara optimal memerlukan alat dan tenaga medis untuk menggantikan peran ginjal.
 
Proses cuci darah dilakukan menggunakan alat medis dimana dalam kondisi ini, Hemodialisa dapat menggantikan peran ginjal dalam melakukan tugas-tugasnya.
 
 
 
Hemodialisa membantu proses kerja ginjal pada pasien yang ginjalnya sudah tidak lagi bisa bekerja secara efektif. Lantas bagaimana cara kerjanya?
 
Baca Juga: Apa Itu Ogoh-ogoh Dalam Tradisi Hari Raya Nyepi di Bali Berikut Arti dan Fungsinya
 
Proses melakukan Hemodialisa akan dibantu dengan menggunakan mesin khusus yang sudah dirancang untuk menggantikan peran dan tugas dari ginjal yang rusak untuk menyaring darah dan zat-zat penting untuk tubuh.
 
Seperti yang dijelaskan, mesin ini akan membantu menyaring darah dengan memisah antara zat-zat kotor, garam serta air yang berlebih.
 
Proses ini dilakukan dengan memasukan jarum ke pembuluh darah pasien oleh petugas medis yang kemudian menghubungkan aliran darah dari tubuh ke mesin pencuci darah.
 
Setelah darah berhasil tersaring, selanjutnya darah yang bersih akan dialirkan kembali ke dalam tubuh pasien.
 
Baca Juga: Apa Itu Steve Johnson Syndrome: Penjelasan Kondisi Kulit Langka, Gejala, dan Cara Perawatannya
 
Umumnya, cuci darah menggunakan metode Hemodialisa ini membutuhkan waktu sekitar empat jam pada setiap sesi. Dimana dalam satu minggu, pasien penderita gagal ginjal perlu setidaknya menjalani 3 sesi.
 
Demikian informasi mengenai apa itu Hemodialisa, metode cuci darah lengkap dengan bagaimana cara kerjanya.***
 
 

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x