Apa Itu Epidemiologi? Berikut Definisi Lengkap Istilah yang Berkaitan dengan Pandemi dan Endemi

- 2 Maret 2022, 20:30 WIB
  Ilustrasi - Apa itu epidemiologi, istilah yang berkaitan dengan pandemi dan endemi.
Ilustrasi - Apa itu epidemiologi, istilah yang berkaitan dengan pandemi dan endemi. /PEXELS/cottonbro

BERITA DIY – Ketahui apa itu epidemiologi, istilah yang sering muncul selama masa pandemi lengkap mulai dari definisi, ruang lingkup, tujuan dan manfaat, selengkapnya.

Berbicara tentang pandemi Covid-19 tidak lepas kaitannya dengan istilah epidemiologi. Sering kita jumpai pendapat dan keterangan dari para pakar epidemiologi tentang pandemi Covid-19, termasuk peralihannya ke endemi.

Lantas apa itu epidemiologi, istilah yang berkaitan erat dengan pandemi dan endemi serta sering muncul sejak pandemi sebenarnya?

Baca Juga: Masyarakat Pertanyakan Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Menkes Budi Gunadi Sadikin: Sulit Menjawabnya

Berikut penjelasan lengkap apa itu epidemiologi dirangkum BERITA DIY dari Dasar Epidemiologi, selengkapnya.

Epidemiologi secara terminologi berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari tiga kata yaitu epi yang berarti di atas, di antara dan yang di antara, demos yang berarti populasi, orang dan masyarakat serta logos yang berarti ilmu.

Secara harfiah epidemiologi merupakan ilmu yang mempelajari suatu penyakit yang ada di masyarakat atau populasi. Epidemiologi merupakan ilmu yang digunakan untuk mencari penyebab dan upaya pencegahan penyakit.

Baca Juga: Minta Pemerintah Prioritaskan Pengendalian Pandemi Ketimbang Ekonomi, Epidemiolog: Kalau Mendua Pasti Kalah

Dalam epidemiologi terdapat tiga istilah yang berhubungan erat yaitu epidemi, endemi dan pandemi. Epidemi merupakan suatu keadaan dimana frekuensi penyakit melebihan frekuensi biasa atau dalam waktu yang singkat terdapat penyakit yang berlebih.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x