Hari Raya Nyepi 3 Maret 2022 Apakah Libur? Penjelasan dan Daftar Hari Besar dan Tanggal Merah pada Maret 2022

- 2 Maret 2022, 16:00 WIB
Ini penjelasan Hari Raya Nyepi 3 Maret libur, serta Hari besar dan tanggal merah 2022.
Ini penjelasan Hari Raya Nyepi 3 Maret libur, serta Hari besar dan tanggal merah 2022. /PEXELS/Artem Beliaikin

BERITA DIY - Simak penjelasan apakah Hari Raya Nyepi pada 3 Maret 2022 menjadi hari libur Nasional dengan tanggal merah atau tidak. Ketahui daftar Hari besar di dalam artikel ini.

Esok hari atau 3 Maret 2022 muncul pertanyaan dari sejumlah masyarakat apakah perayaan memperingati Hari Raya Nyepi masuk ke dalam libur Nasional dan tanggal merah ataukah tidak.

Pasalnya Hari Raya Nyepi sendiri merupakan salah satu Hari besar keagamaan yang nantinya akan diperingati oleh umat Hindu di seluruh dunia dalam rangka menyambut Tahun Baru dalam penanggalan Saka.

Baca Juga: Apa Makna Nyepi bagi Umat Hindu? Ketahui Sejarah dan Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Saka 1944

Seperti yang diketahui bahwasanya Hari Raya Nyepi pada tahun 2022 akan dilaksanakan atau jatuh pada 3 Maret 2022 esok hari, sesuai dengan tanggal yang telah ditetapkan dalam kalender tahun ini.

Nantinya umat Hindu akan menjalankan Hari Raya Nyepi dengan melaksanakan berbagai ibadah sesuai dengan ajaran sebagai sarana untuk menyucikan diri sebelum melangkah ke Tahun Baru dalam penanggalan Saka.

Beberapa upacara nantinya juga akan dilakukan oleh umat Hindu dalam rangka Hari Raya Nyepi untuk Tahun Baru Saka kali ini. Beberapa upacara yang akan dilaksanakan tersebut seperti Melasti, Mecaru, Nyepi, dan Ngembak Geni.

Baca Juga: LINK Twibbon Hari Raya Nyepi 2022 dan Cara Pakai Bingkai Ucapan di Profil Instagram hingga Status WhatsApp

Penjelasan Apakah Hari Raya Nyepi Libur Nasional atau Tanggal Merah

Untuk mengetahui apakah Hari Raya Nyepi masuk ke dalam daftar Hari libur Nasional atau tanggal merah dapat diketahui berdasarkan pada Surat Keputusan Bersama 3 Menteri atau SKB 3 Menteri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x