3 Maret 2022 Hari Apa, Apakah Tanggal Merah? Simak Daftar Hari Libur Lengkap Tahun Ini

- 1 Maret 2022, 16:42 WIB
Hari Raya Nyepi yang diperingati tanggal 3 Maret 2022 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional atau tanggal merah.
Hari Raya Nyepi yang diperingati tanggal 3 Maret 2022 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional atau tanggal merah. /Pixabay.com/@arnolduspt

BERITA DIY - Simak tanggal 3 Maret 2022 memperingati hari apa, beserta daftar hari libur nasional tahun ini.

Banyak orang yang mencari apakah 3 Maret tanggal merah atau hari libur nasional. Berdasarkan kalender, tanggal tersebut jatuh pada hari Kamis.

Ternyata tanggal 3 Maret merupakan Hari Nyepi yang dirayakan oleh umat Hindu sehingga ditetapkan sebagai hari libur nasional alias tanggal merah.

Baca Juga: 1 Maret 2022 Hari Apa, Sejarah Peristiwa Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta, Apakah Libur Nasional?

Hari Raya Nyepi memasuki Tahun Baru Saka 1944. Peringatan ini menjadi simbol pembaharuan, kesucian, kebangkitan, teloreansi, kebersamaan, dan kedamaian.

Sebab sejarah Hari Raya Nyepi diawali dengan pertikaian antara suku-suku bangsa dan berakibat pada terganggunya kondisi sosial.

Namun pada akhirnya suku Saka memenangkan perselisihan. Suku dipimpin oleh Raja Kaniskha I. Sejak saat itu Hari Raya Nyepi dicetuskan dan kehidupan masyarakat di India pun berubah.

Baca Juga: 28 Februari 2022 Hari Apa? Ada Tanggal Merah Peristiwa Isra Miraj, Ini Sejarah dan Amalan yang Dianjurkan

Pada Hari Raya Nyepi, masyarakat Hindu berdiam diri di rumah dalam sunyi selama 24 jam sembari mematikan lampu, listrik, maupun tak berbicara, dan tak melakukan segala aktivitas.

Bahkan, bandara di Bali pun ditutup selama satu hari yaitu pada Hari Raya Nyepi tanggal 3 Maret 2022. Ritual dimulai pukul jam 06:00 sampai jam 06:00 keesokan harinya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x