Tanggal 19 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Sejarah Hari Kohanudnas dan Profil Marsdya TNI Andyawan Martono

- 18 Februari 2022, 19:43 WIB
Ilustrasi - Penjelasan sejarah Hari Kohanudnas yang diperingati tanggal 19 Februari 2022.
Ilustrasi - Penjelasan sejarah Hari Kohanudnas yang diperingati tanggal 19 Februari 2022. /Pexels.com/@Pixabay

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Kohanudnas yang diperingati tanggal 19 Februari 2022 beserta profil singkat Marsdya TNI Andyawan Martono P.S.IP yang menjabat sebagai Panglima Koopsudnas.

Hari Kohanudnas (Komando Pertahanan Udara Nasional) yang saat ini diperingati tanggal 19 Februari 2022 memiliki sejarah yang panjang.

Meskipun tanggal 19 Februari 2022 bukanlah hari libur nasional, namun Hari Kohanudnas penting bagi anggota TNI AU Republik Indonesia.

Baca Juga: Profil dan Sejarah Kohanudnas yang Diperingati 19 Februari, Berganti Nama Menjadi Koopsudnas

Berdasarkan keterangan dari website tni-au.mil.id, lintas sejarah Kohanudnas berawal dari tahun 1958 ketika Sector Operation Center (SOC) dibentuk. 

Gabungan kekuatan SOC sendiri terdiri dari Arhanud Angkatan Darat, Pasukan Pertahanan Pangkalan (PPP), Pasukan Penangkis Serangan Udara (PPSU), Pesawat P-51 Mustang dan Pesawat Jet Vampire.

Adapun tujuan dari dibentuknya SOC adalah untuk mengantisipasi serangan udara dari PRRI/PERMESTA di daerah Jawa dan Sumatera yang menggunakan pesawat pembom B-26 Mitchel.

Baca Juga: Tanggal 18 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Sejarah Hari Pluto dan Simak Daftar Nama Planet di Tata Surya

Pada tahun 1962, Presiden atau Panglima Tertinggi Angkatan Perang mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor: 08/PLM-P5/62, tentang dibentuknya Kohanudnas tanggal 9 Februari. 

Kohanudnas memiliki tugas dan tanggung jawab dalam tingkat nasional meskipun terjadi perubahan organisasi, status, dan struktur lima tahun kemudian yaitu pada tahun 1967.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x