Tanggal 18 Februari 2022 Diperingati Hari Apa? Sejarah Hari Pluto dan Simak Daftar Nama Planet di Tata Surya

- 17 Februari 2022, 19:52 WIB
ILUSTRASI - Hari Pluto diperingati tanggal 18 Februari 2022. Simak daftar nama planet di Tata Surya.
ILUSTRASI - Hari Pluto diperingati tanggal 18 Februari 2022. Simak daftar nama planet di Tata Surya. /PIXABAY/WikiImages

BERITA DIY - Simak sejarah Hari Pluto yang diperingati tanggal 18 Februari 2022 beserta daftar nama planet di Tata Surya (Solar System) selain Bumi.

Hari Pluto jatuh pada hari Jumat, tanggal 18 Februari 2022. Meskipun peringatan  bukan merupakan tanggal merah atau libur nasional. namun momen memiliki sejarah tersendiri.

Disadur dari Days of the Year, Hari Pluto yang kini diperingati setiap tanggal 18 Februari merupakan sebagai bentuk perayaan penemuannya pada tahun 1930. Ketika itu, para ilmuwan dan astronom memutuskan Pluto sebagai bagian dari planet namun kemudian dieliminasi.

Baca Juga: Tanggal 16 Februari 2022 Hari Apa? Sejarah Hari Inovasi dan 5 Rekomendasi Film tentang Penemuan

Situs History mencatat bahwa Cyle W. Tombaugh adalah astronom yang menemukan Pulto di Observatorium Lowell di Flagstaff, Arizona, Amerika Serikat.

Sebelumnya, astronom lain bernama Percival Lowell mencurigai ada planet kesembilan dalam tata surya yang menyebabkan goyangan dan tarikan misterius di orbit Uranus dan Neptunus.

Lowell mencari benda langit itu selama lebih dari satu dekade tanpa hasil. Pada tahun 1929, Lowell dan W.H. Pickering mengembangkan perhitungan untuk mencari objek misterius tersebut.

Baca Juga: 14 Februari 2022 Hari Apa? Simak Sejarah Valentine Day dan 15 Link Twibbon Hari Kasih Sayang

Pada akhirnya tepat tanggal 18 Februari 1930, Tombaugh menemukan planet kecil yang jauh dengan menggunakan teknik astronomi baru dari pelat fotografi yang dikombinasikan dengan mikroskop kedip.

Lalu pada tanggal 13 Maret 1930, penemuan planet kecil Pluto diumumkan kepada publik di seluruh dunia bahwa Tata Surya memiliki sembilan planet.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x