Isra Mi'raj, Perjalanan Nabi Muhammad bersama Jibril Menuju Singgasana Allah SWT

- 27 Februari 2022, 18:15 WIB
ILUSTRASI. Isra Miraj adalah perjalanan Rasulullah bersama jibril dengan dengan menaiki Buraq menuju Sidratul Munthaha.
ILUSTRASI. Isra Miraj adalah perjalanan Rasulullah bersama jibril dengan dengan menaiki Buraq menuju Sidratul Munthaha. /pixabay/@pexels

BERITA DIY - Isra Miraj merupakan salah satu bukti dari kekuasaan dan kebesaran Allah SWT. Isra Miraj secara bahasa berasal dari dua kata, yakni Isra yang berasal dari kata asra-yusri-isra yang memiliki arti memperjalankan. Lalu Miraj yang artinya adalah alat naik atau tangga.

Isra Miraj adalah peristiwa naiknya Nabi Muhammad SAW. Tepatnya dari masjidil ‘Aqsha menuju ke Sidratul Munthaha untuk menghadap Allah SWT. Isra Miraj terjadi pada malam ke-27 Rajab, menjelang tahun ke-10 kenabian atau 619 Masehi.

Jibril mendatangi Nabi Muhammad SAW ketika beliau sedang tertidur sambil membawa Buraq yang mampu berlari sangat kencang seperti kecepatan cahaya.

Baca Juga: Link Download Twibbon Isra Miraj 2022 yang Jatuh Tanggal 28 Februari! Ini Ucapan yang Cocok Dishare di Medsos

Kemudian Jibril menaikkan Rasulullah ke atas Buraq tersebut , lalu dari sana Rasulullah dinaikkan ke langit.

Dikutip dari buku karya Martin Lings dengan judul “Muhammad” halaman 143. Rasulullah bercerita"

“Jibril datang kepadaku dan mengusikku dengan kakinya. Aku segera duduk tegap. Setelah kulihat tidak ada apa-apa, aku berbaring kembali. Ia datang lagi untuk kedua kalinya. Ketiga kalinya ia mengangkatku. Aku bangkit dan berdiri di sampingnya. Jibril mengajakku menuju pintu masjid. Di sana ada seekor binatang putih, seperti peranakan antara kuda dan keledai, dengan sayap di sisi tempat menggerakkan kakinya. Langkahnya sejauh mata memandang.”

Baca Juga: Contoh Teks Naskah Pidato Peringatan Isra Miraj 27 Rajab 1443 H atau 28 Februari 2022 Singkat, Mudah Dihafal

Seperti yang telah disebutkan dalam Al-quran bahwa puncak Mi'raj nya adalah Sidratul Munthaha. Salah satu tafsir tua menyebutkan bahwa Sidratul Munthaha adalah singgasana (‘Arsy). Segala sesuatunya merupakan misteri yang tersembunyi yang tidak diketahui oleh siapapun kecuali Allah SWT.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x