Penyebab Kematian Gajah Jantan 12 Tahun di Aceh Utara, Ada indikasi Mati karena Bekas Tusukan Gading

- 23 Februari 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi – Penemuan bangkai gajah jantan di Aceh Utara, dugaan awal penyebab kematian gajah karena ditusuk gading sesama gajah liar lainnya.
Ilustrasi – Penemuan bangkai gajah jantan di Aceh Utara, dugaan awal penyebab kematian gajah karena ditusuk gading sesama gajah liar lainnya. /Pixabay/laurentmarx

BERITA DIY - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyatakan bahwa satu Gajah Sumatra (elephas maximus sumatranus) ditemukan di kawasan hutan produksi di wilayah Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Penemuan bangkai gajah tunggal ini bermula dari laporan warga sekitar kepada petugas Resort Aceh Utara pada Minggu, 20 Februari 2022 pukul 17.00 WIB.

Berangkat dari laporan tersebut, langsung mendapat tindaklajut dengan pengecekan di lapangan dan ditemukan bangkai Gajah Sumatra.

Baca Juga: Gejala Omicron dan Delta: Ini Syarat untuk Melakukan Isolasi Mandiri jika Terinfeksi

Baca Juga: Penyebab Fenomena Hujan Es Menurut BMKG, Lakukan Tindakan Ini agar Terhindar dari Bahaya

Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto di Banda Aceh mengatakan bahwa bangkai gajah yang ditemukan merupakan gajah jantan yang diperkirakan berusia 10 sampai 12 tahun, seperti dikutip dari berita Antara, Rabu, 23 Februari 2022.

Dari penuturan Agus, gading gajah sumatra itu masih terlihat utuh. Ukuran gading mencapai panjanh 66 cm, dengan diameter 19 cm dan lingkar pangkal 22 cm.

Bangkai gajah jantan tersebut telah dilakukan nekropsi atau bedah bangkai dan dugaan awal penyebab matinya satwa liar tersebut karena tertusuk gading gajah lainnya.

Terdapat bekas luka tusukan gading ditemukan pada bagian dada, perut, pangkal paha, dan dekat mata gajah.

Baca Juga: DC Pinjol Apa Saja yang Datang ke Rumah? Beserta Kapan Waktu Debt Collector Akan Menagih ke Nasabah?

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x