5 Makanan Penyebab Jerawat, Apakah Masih Dapat Kita Konsumsi Untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh?

- 20 Februari 2022, 16:17 WIB
Ilustrasi 5 makanan penyebab jerawat, sebagian merupakan makanan pokok, apakah masih dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh.
Ilustrasi 5 makanan penyebab jerawat, sebagian merupakan makanan pokok, apakah masih dapat kita konsumsi untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh. /PIXABAY/Elf-Moondance

BERITA DIY - Hubungan antara makanan terhadap munculnya jerawat bukanlah sebuah mitos. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa makanan dapat memperbesar risiko tumbuhnya jerawat. Sebab bukanlah rahasia umum lagi bahwa asupan makanan mempengaruhi kesehatan kulit.

Makanan bukan hanya dapat memicu jerawat, makanan juga dapat memperburuk jerawat yang ada. Selain makanan, beberapa gaya hidup menjadi pemicu tingginya resiko tumbuhnya jerawat.

Namun makanan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh, maka memilih makanan yang akan dikonsumsi merupakan cara cermat untuk mengurangi risiko jerawat.

Baca Juga: Cara Membuat Kartu BPJS Kesehatan Online yang Wajib Saat Urus STNK, SIM hingga Syarat Naik Haji atau Umrah

Kesalahan dalam memilih makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan jerawat, bahkan tak jarang jerawat yang tumbuh tidak dapat dikontrol. Untuk itu, penting untuk mengerti makanan yang nantinya dapat memicu jerawat.

Dikutip dari Stylecraze, Ramona Sinsha, pakar kesehatan kulit dan rambut dari Singapura menjabarkan dalam jurnalnya terkait dengan makanan yang memicu tumbuhnya jerawat. Berikut beberapa makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat.

Baca Juga: Benarkah Jerawat Pertanda Stres? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

1. Biji-bijian dan gula halus

Sebuah penelitian yang melibatkan 64 peserta dengan jerawat sedang hingga parah. Peneliti menemukan bahwa mereka yang berjerawat mengonsumsi lebih banyak karbohidrat. Selain itu, mereka yang memiliki jerawat berlebih juga memiliki jumlah hormon yang menyebabkan produksi sebum tinggi.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x