3 Amalan Hari Jumat yang Rugi Jika Dilewatkan, Salah Satunya Sholawat untuk Rasulullah

- 11 Februari 2022, 12:55 WIB
Ilustrasi - Hari Jumat adalah hari yang penting bagi umat Islam, juga menyimpan keutamaan dibanding hari-hari lainnya yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. Tiga amalan di bawah dapat diamalkan untuk menambah pahala di hari Jumat.
Ilustrasi - Hari Jumat adalah hari yang penting bagi umat Islam, juga menyimpan keutamaan dibanding hari-hari lainnya yang sayang apabila dilewatkan begitu saja. Tiga amalan di bawah dapat diamalkan untuk menambah pahala di hari Jumat. /pixabay/mohamed_hasan

BERITA DIY – Simak beberapa amalan yang sayang untuk dilewatkan di hari Jumat untuk dapatkan pahala, salah satunya sholawat yang kita berikan untuk Nabi Muhammad Rasulullah SAW.

Hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia bagi umat islam. Beberapa keutamaan hari Jumat juga telah dituliskan dalam berbagai hadis, salah satunya hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, yaitu:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 Bahasa Arab dan Artinya Bahasa Indonesia, serta Keutamaan Membacanya

Selain dalam hadis, keutamaan hari Jumat juga terdapat dalam firman Allah yang terdapat di Al Qur'an, yaitu pada Surat Al Jumu'ah ayat 9 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا نُوْدِيَ لِلصَّلٰوةِ مِنْ يَّوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا اِلٰى ذِكْرِ اللّٰهِ وَذَرُوا الْبَيْعَۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ اِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ


Yang artinya: Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan salat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

Karena keutamaan hari Jumat itulah, sangatlah merugi apabila momen hari Jumat tersebut terlewat begitu saja. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa amalan yang dapat dilakukan supaya terhindar dari siksa neraka, seperti:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x