Apa Itu Metaverse? Ketahui Bagaimana Cara Kerjanya dan Benarkah Ibadah Haji Boleh Dikerjakan Secara Virtual

- 9 Februari 2022, 20:13 WIB
Ilustrasi - apa itu Metaverse, ketahui bagaimana cara kerjanya dan apakah benar ibadah haji boleh dilakukan secara virtual.
Ilustrasi - apa itu Metaverse, ketahui bagaimana cara kerjanya dan apakah benar ibadah haji boleh dilakukan secara virtual. /PIXABAY/Konevi

BERITA DIY - Berikut informasi apa itu Metaverse, bagaimana cara kerjanya, dan benarkah ibadah haji bisa dilakukan secara virtual.

Metaverse dapat diartikan sebagai sebuah dunia vitual dimana orang dapat saling berinteraksi tanpa harus tatap muka secara langsung dan keberadaan fisiknya digantikan oleh sebuah karakter atau avatar.

Istilah Metaverse sendiri mulai hangat diperbincangkan setelah Mark Zuckerberg merubah nama perusahaan Facebook dari Facebook Inc menjadi Meta Platforms Inc.

Baca Juga: Mengenal Metaverse yang Membuat Pemerintah Arab Saudi Membuat Ka'bah di Dalamnya, Apakah untuk Ibadah Haji?

Mark Zuckerberg sebenarnya bukan orang pertama yang mengenalkan Metaverse, jauh sebelum itu istilah ini pernah muncul dalam novel fiksi ilmiah Snow Crash terbitan tahun 1992 yang ditulis oleh Neal Stephenson.

Dalam novel tersebut, Neal Stephenson menggambarkan bahwa Metaverse adalah kehidupan manusia yang diwakilkan oleh avatar 3D dan saling bertemu serta berinteraksi di dunia maya layaknya kehidupan di dunia nyata.

Konsep ini jugalah yang coba dikenalkan oleh Mark Zuckerberg saat ini dengan mencoba mengenalkan dunia virtual realitas kepada masyarakat dengan harapan manusia bisa saling terhubung tanpa harus bertemu langsung.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Metaverse, Ada Kakbah di Dalamnya, Dapatkah Melakukan Ibadah Haji Secara Virtual?

Benarkah Ibadah Haji Bisa Dilakukan Secara Virtual?

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x