5 Dampak Buruk Obesitas Pada Tubuh, Bisa Akibatkan Serangan Jantung

- 4 Februari 2022, 13:04 WIB
Ilustrasi. 5 dampak buruk obesitas pada tubuh.
Ilustrasi. 5 dampak buruk obesitas pada tubuh. /Pexels/Andres Ayrton

BERITA DIY - Obesitas merupakan salah satu kondisi tubuh yang sering kali tidak dianggap serius oleh orang-orang. Orang obesitas sering kali merasa bahwa dirinya sehat-sehat saja, namun dibaliknya terdapat bahaya-bahaya yang mengintai kesehatan.

Dikutip dari data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia, 13 persen orang dewasa berusia 18 tahun ke atas mengalami kelebihan berat badan, sementara 28,7 persen mengalami obesitas.

Sementara pada anak usia 5-12 tahun sebanyak 18,8 persen kelebihan berat badan dan 10,8 persen lainnya mengalami obesitas.

Baca Juga: 7 Bahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan: Mulai dari Diabetes, Obesitas hingga Kanker

Berdasarkan artikel dari Healthline, obesitas dapat membawa berbagai macam penyakit serta memperberat kerja tubuh manusia. Berikut adalah beberapa faktanya seperti ditulis oleh Berita DIY: 

  • Meningkatkan risiko stroke

Kelebihan berat badan atau bahkan obesitas dapat meningkatkan risiko terkena penyakit stroke yang diakibatkan oleh darah yang berhenti mengalir ke otak, yang mengakibatkan kematian sel di otak. Stroke jenis ini disebut stroke iskemik.

  • Tidur ngorok

Lemak yang tersimpan di bagian leher dapat membuat aliran udara di rongga tubuh menjadi terlalu kecil, yang mengakibatkan tidur kita menjadi mengorok.

Tak hanya itu, lemak pada bagian leher juga bisa menimbulkan kesulitan bernapas di malam hari berupa sleep apnea, yaitu gangguan pernapasan saat tidur yang mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Text Neck Syndrome, Dampak dari Terlalu Lama Menggunakan Smartphone

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x