Kenali Apa Itu Text Neck Syndrome, Dampak dari Terlalu Lama Menggunakan Smartphone

- 21 Januari 2022, 23:48 WIB
Text neck syndrome merupakan sebuah istilah untuk menjelaskan cedera yang terjadi akibat penggunaan ponsel berlebih.
Text neck syndrome merupakan sebuah istilah untuk menjelaskan cedera yang terjadi akibat penggunaan ponsel berlebih. /Unsplash/@robin_rednine

BERITA DIY - Menjadi salah satu dampak dari penggunaan ponsel pintar atau smartphone secara berlebihan, apa itu Text Neck Syndrome? Kenali gejalanya sekarang juga.

Penggunaan smartphone di era yang serba digital sudah tak lagi asing bagi mayoritas orang. Terlebih dimasa pandemi seperti saat ini, seseorang cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya dengan bermain handphone.

Terbatasnya aktifitas yang bisa dilakukan di luar ruangan, tentunya membuat sebagian besar orang merasa jenuh dan akhirnya mengalihkan perhatiannya dengan mencari kesibukan lewat ponsel pintar mereka.

Baca Juga: Apa Itu Parosmia? Termasuk Gejala Covid dan Cara Antisipasi hingga Tak Berbahaya

Dilansir dari laman Healthline, Text Neck Syndrome merupakan sebuah epidemi dimana posisi kepala condong ke depan bahu membungkuk yang kemudian akan membuat kondisi seseorang merasa tidak nyaman hingga nyeri pada bagian-bagian tertentu seperti leher, kepala dan sebagainya.

Hal ini disebabkan oleh postur tubuh yang salah akibat terlalu lama melihat ponsel sambil membaca dan mengirim pesan. Efeknya, seseorang akan merasakan nyeri bahkan hingga cedera.

Para peneliti di Harvard Medical Health memperkirakan bahwa 7 dari 10 orang akan mengalami sakit leher di beberapa titik akibat pola penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang lama.

Penyebab utamanya adalah kecenderungan seseorang yang menggunakan ponsel secara berlebihan dalam jangka waktuyang terlalu lama.

Sederhananya, ketika seseorang menggunakan smartphone, tanpa sadar akan menundukkan kepala dalam waktu yang lama. Hal ini yang kemudian memicu ketegangan otot di daerah leher yang akhirnya menyebabkan rasa nyeri hingga cedera.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x