Kabar Baik! Daftar Kartu Prakerja, Alumni Bisa Dapat Modal Usaha hingga Rp500 Juta: Begini Caranya

- 26 Januari 2022, 18:42 WIB
Ilustrasi - Tautan/link, cara daftar, dan bocoran jadwal kapan Kartu Prakerja gelombang 23 dibuka.
Ilustrasi - Tautan/link, cara daftar, dan bocoran jadwal kapan Kartu Prakerja gelombang 23 dibuka. /Muhammad Bagus Khoirunas/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Kabar baik bagi pendaftar Kartu Prakerja. Alumni program pelatihan Kartu Prakerja berkesempatan mendapatkan modal usaha senilai hingga Rp500 juta. Simak artikel ini untuk mengetahui caranya.

Selain mendapat insentif Rp1 juta untuk membeli saldo pelatihan serta uang Rp2,55 juta setelah menyelesaikan pelatihan dan mengisi survei, alumni Kartu Prakerja bisa mendapat Rp500 juta melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

KUR kartu prakerja adalah bagian dari program pemerintah untuk memfasilitasi alumni pelatihan kartu prakerja yang ingin menjadi wirausaha dengan modal. Sehingga pemerintah menyediakan sejumlah dana yang bisa digunakan sebagai modal oleh alumni Kartu Prakerja.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 23 Segera Dibuka, Perhatikan Kriteria dan Golongan yang akan Lolos Seleksi

Hal ini tentunya mendorong terciptanya ekosistem kewirausahaan sekaligus menjadi kesempatan para alumni Kartu Prakerja untuk mendapat pinjaman modal usaha. 

Perlu diketahui bahwa pembiayaan yang diberikan KUR merupakan UMKM dengan usaha kecil dan menengah.

Dilansir dari laman prakerja.go.id, tidak semua alumni yang telah menyelesaikan pelatihan Kartu Prakerja bisa mendapat KUR.

Terdapat beberapa prosedur yang harus ditempuh. Berikut proses pengajuan KUR Prakerja :

- Peserta alumni Program Kartu Prakerja mengajukan surat permohonan kredit ke Bank BNI atau BRI melalui E-Form KUR Prakerja;

- Pihak Bank melakukan evaluasi kelayakan usaha;

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: prakerja.go.id ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x