Gempa Bumi 6,7 SR Guncang Banten, Terasa hingga DKI Jakarta: Apakah Berpotensi Tsunami?

- 14 Januari 2022, 16:27 WIB
Penjelasan Gempa Bumi 6,7 SR di Banten hingga DKI Jakarta, jawaban berpotensi tsunami.
Penjelasan Gempa Bumi 6,7 SR di Banten hingga DKI Jakarta, jawaban berpotensi tsunami. /Twitter.com/@infoBMKG

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai Gempa Bumi yang kembali mengguncang salah satu daerah di Indonesia yaitu Banten beberapa waktu lalu, apa berpotensi Tsunami?

Getaran Gempa Bumi kembali dirasakan oleh masyarakat, kali ini dirasakan oleh sebagian masyarakat yang berada di beberapa daerah seperti Provinsi Banten dan beberapa di DKI Jakarta.

Dalam laman Twitter resmi BMKG yaitu @infoBMKG pun menyebutkan telah mencatatkan adanya aktivitas terjadinya Gempa Bumi yang terjadi atau berpusat di kawasan Banten beberapa waktu lalu tersebut.

Baca Juga: Update Situasi Gunung Merapi Setelah Terjadi 30 Gempa Guguran Pada 6 Januari 2022

Disebutkan oleh BMKG sendiri bahwa Gempa Bumi yang dirasakan oleh banyak masyarakat di Banten tersebut memiliki kekuatan yang cukup besar yaitu mencapai tenaga getaran yang tercatat adalah 6,7 SR.

Sedangkan mengenai titik pusat atau sumber dari terjadinya Gempa Bumi itu sendiri disebutkan masuk ke dalam wilayah Banten atau tepatnya pada 52 KM dari Barat Daya Sumur Banten.

Mengenai kedalaman yang dimiliki oleh pusat atau sumber Gempa Bui ini sendiri memiliki kedalaman yang dapat dibilang cukup dangkal, pasalnya kedalaman yang dimilikinya hanya mencapai 10 KM dari permukaan.

Baca Juga: Gempa Terkini Maluku Utara 7,3 SR Hari Ini, 30 Desember 2021: Dampak di 11 Kota Kabupaten, Gangguan Komunikasi

Lebih lanjut, Gempa Bumi yang berhasil dicatat oleh BMKG itu sendiri diketahui terjadi tepatnya pada Jumat 14 Januari 2022 saat waktu tengah menunjukkan pukul 16.05 WIB dan berlangsung selama beberapa detik.

Dengan terjadinya Gempa Bumi itu pun kemudian memunculkan banyak respons dari masyarakat yang mengaku merasakan guncangan atau getaran yang cukup besar selama beberapa saat itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x