Gempa Terkini Maluku Utara 7,3 SR Hari Ini, 30 Desember 2021: Dampak di 11 Kota Kabupaten, Gangguan Komunikasi

- 30 Desember 2021, 12:40 WIB
Gempa terkini Maluku Utara dengan magnitudo 7,3 SR yang tak berpotensi tsunami, dirasakan oleh 11 kota/kabupaten dan jaringan komunikasi sempat terganggu.
Gempa terkini Maluku Utara dengan magnitudo 7,3 SR yang tak berpotensi tsunami, dirasakan oleh 11 kota/kabupaten dan jaringan komunikasi sempat terganggu. /PIXABAY/Mirsad Sarajlic

BERITA DIY - Berikut info gempa terkini Maluku Utara berkekuatan magnitudo 7,3 Skala Richter (SR) hari ini, 30 Desember 2021.

Diketahui, ada 11 kota atau kabupaten terdampak gempa bumi yang berpusat di 132 KM ara timur Kota Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya mulai 01.25 WIB.

Dihimpun dari ANTARA, Kepala BPBD Provinsi Maluku Henry Far Far usai gempa, komunikasi sempat terganggu saat ia menghubungi penanggung jawab penanggulangan bencana di Kabupaten Maluku Barat Baya.

Baca Juga: Bagaimana Mengetahui Peringatan Dini Bencana? Cara Cek Update BMKG dari Gempa, Tsunami, hingga Erupsi

Baca Juga: Penyebab Gempa Hari Ini Jember Jawa Timur Bermagnitudo 5,0, Ini Data Potensi Tsunami BMKG dan Daerah Terdampak

Ia pun tak bisa menghubungi Camat Damer di Kabupaten Maluku Barat Daya. Kini, dampak gempa bumi sedang didata oleh anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat.

Perlu dicatat, menurut Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Daryono di akun Twitter-nya, gempa di Maluku Utara tidak berpotensi tsunami.

Meski, dalam sejarah tercatat, pernah ada tsunami di dekat pusat gempa di Maluku tersebut pada tahun 1673, 1710, dan 1763.

Dalam data BMKG dan BPBD, ada 11 daerah yang merasakan gempa bumi Maluku Utara dengan berbagai skala.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x