Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Cair November 2021: Cara Cek dan Cairkan Dana Bantuan di Agen Kemensos

- 14 November 2021, 08:44 WIB
Ilustrasi KPM yang sudah membelanjakan bansos sembako BPNT Rp300 ribu bulan November 2021.
Ilustrasi KPM yang sudah membelanjakan bansos sembako BPNT Rp300 ribu bulan November 2021. /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY - Bansos kartu sembako atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp300 ribu dari Kemensos yang sudah disalurkan dapat segera digunakan untuk membeli kebutuhan pokok Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Cara cairkan bansos sembako BPNT Rp300 ribu dari Kemensos dapat dilakukan dengan membawa kartu sembako ke warung elektronik untuk dicek saldo bantuan. Apabila dana bansos sembako BPNT senilai Rp300 ribu sudah masuk maka uang dapat dibelanjakan.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak perlu menarik dana bantuan terlebih dulu untuk dibelanjakan karena dana bansos sembako BPNT Rp300 ribu tidak boleh ditarik secara tunai oleh penerima.

Baca Juga: Tanpa Aplikasi dan Link cekbansos.kemensos.go.id, Cek Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Pakai Kartu Sembako

Selama saldo kartu sembako sudah terisi dengan dana Rp300 ribu, KPM bisa mulai membelanjakan sesuai dengan dana yang dimilikinya di e-warong atau warung elektronik sebagai salah satu agen Kemensos.

Sebelum itu, KPM bisa melakukan cek apakah bansos sembako BPNT Rp300 ribu sudah cair atau belum dari rumah lewat aplikasi Cek Bansos atau link cekbansos.kemensos.go.id.

Masyarakat yang kesulitan download aplikasi Cek Bansos bisa langsung cek link online cekbansos.kemensos.go.id dengan cara sebagai berikut:

Baca Juga: Cara Agar Masyarakat Terdaftar DTKS Kemensos dan Dapat Bansos Sembako BPNT Rp300 Ribu Bulan November 2021

  1. Buka link online cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Masukan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Masukan nama lengkap sesuai dengan KTP.
  4. Masukan kode verifikasi yang tertera, dan tekan ‘refresh’ jika kode yang muncul kurang jelas.
  5. Tekan tombol ‘Cari Data’.

Meski demikian yang perlu menjadi catatan adalah penyaluran bansos sembako BPNT Rp300 ribu di masing-masing daerah tidak seluruhnya sama. Bansos sembako BPNT ada yang disalurkan dengan bebas membelanjakan sendiri atau dibelanjakan oleh pihak penyalur.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x