Apa Itu Festival Deepavali? Upacara Keagamaan Diwali yang Dilakukan 4 November: Diperingati di Mana?

- 4 November 2021, 11:40 WIB
Mengenal upacara keagamaan Hindu Deepavali atau Diwali 4 November.
Mengenal upacara keagamaan Hindu Deepavali atau Diwali 4 November. /PIXABAY/VinodShakya

BERITA DIY - Pada tanggal 4 November terdapat salah satu perayaan penting yaitu festival Deepavali atau Diwali, simak dimana perayaan itu dilakukan dan untuk merayakan apa.

Salah satu perayaan hari besar dilakukan pada hari ini atau tepatnya pada 4 November 2021. Perayaan atau peringatan hari besar tersebut diketahui bernama Deepavali atau juga dikenal dengan Diwali.

Adanya perayaan Deepavali atau Diwali ini diketahui merupakan sebuah hari besar keagamaan. Diketahui bahwa ummat Hindu di India merayakan hari besar tersebut tepat pada penanggalan yang telah ditentukan.

Baca Juga: Mengenal Perayaan Diwali atau Deepavali di India, Berikut Fakta Unik Festival Cahaya yang Perlu Diketahui

Perayaan atau festival Deepavali atau yang juga dikenal dengan nama Diwali ini sendiri merupakan upacara keagamaan yang dilakukan oleh Ummat Hindu bahkan hampir dirayakan di seluruh dunia.

Salah satu upacara keagamaan Diwali atau Deepavali sendiri dilakukan di negara yang memiliki masyarakat dengan penduduk yang beragama Hindu cukup banyak seperti di India, Sri Lanka, dan negara lain.

Salah satu negara yang memiliki atau meyakan Deepavali atau Diwali dengan sebuah perayaan hari besar adalah di India. Bahkan diketahui di India peringatan hari tersebut merupakan masuk dalam daftar tanggal libur.

Baca Juga: Mengenal Baju Adat yang Dipakai Jokowi, Ma'ruf Amin, dan Puan Maharani di Upacara HUT RI ke-76

Sebelumnya, diketahui dari beberapa sumber menyebutkan bahwa upacara Deepavali atau Diwali sendiri dipercayai oleh Ummat Hindu untuk merayakan beberapa waktu penting yang ada di dalamnya.

Kepercayaan yang diyakini oleh Ummat Hindu dengan merayakan perayaan Deepavali atau Diwali ini adalah tentang kembalinya beberapa dewa. Beberapa Dewa yang diyakini kembali tersebut adalah Dewa Rama, Dewi Sitha, Laksamana, dan Hanoman.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x