Mengenal Perayaan Diwali atau Deepavali di India, Berikut Fakta Unik Festival Cahaya yang Perlu Diketahui

- 3 November 2021, 13:00 WIB
ILUSTRASI Perayaan Diwali kadang dikenal dengan istilah Deepawali, Deepavali, atau Dipavali adalah festival cahaya bagi pemeluk Hindu dan sejumlah kepercayaan lain di India.
ILUSTRASI Perayaan Diwali kadang dikenal dengan istilah Deepawali, Deepavali, atau Dipavali adalah festival cahaya bagi pemeluk Hindu dan sejumlah kepercayaan lain di India. /PIXABAY/bhuppigraphy

BERITA DIY - Pada bulan Aswayuja menurut kalender Caka Hindu yang biasanya jatuh pada periode Oktober hingga November dirayakan sebagai perayaan Diwali atau Deepvali di India. Ini fakta yang bisa diketahui dari peringatan tersebut.

Diketahui, Diwali kadang dikenal dengan istilah Deepawali, Deepavali, atau Dipavali adalah festival cahaya bagi pemeluk Hindu dan sejumlah kepercayaan lain di India.

Bagi yang merayakannya, Diwali adalah simbol kemenangan kebaikan atas keburukan. Oleh karena itu, cahaya yang menjadi perlambang dari Diwali adalah simbol dari suka-cita sekaligus harapan untuk manusia.

Baca Juga: Apa Itu Hari Halloween? Simak Sejarah Perayaan 31 Oktober Hingga Hal yang Dilakukan untuk Merayakan

Dalam buku "Encyclopedia of Religious Rites, Rituals and Festivals" (2004), Frank Salamone menjelaskan jika tiap perayaan Diwali, seluruh kuil, rumah, toko, gedung kantor dan berbagai bangunan lainnya diterangi dengan cerah.

Bisa memakai macam penerangan. Dari lampu tradisional atau diya, lampu warna-warni, lampion, lilin, bahkan kembang api. Oleh karena itu, tak jarang yang menyebut Diwali sebagai Festival Cahaya.

Seperti perayaan Idul Fitri di umat Islam, Diwali juga dirayakan dengan bersilaturahmi, memakai pakaian baru, hingga berbagi makanan dan permen.

Baca Juga: Mengenal Hari Mantan Sedunia 30 Oktober, Ini Sejarah dan Cara Peringati Perayaan Ex Day

Kisah Diwali

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x