Ketentuan dan Apa Itu SKB CPNS 2021, Bocoran Waktu, Materi yang Diujikan hingga Passing Grade Bobot Nilai

- 28 Oktober 2021, 12:31 WIB
Peserta lolos SKD akan mengikuti ujian SKB. Ketahui ketentuan SKB CPNS 2021,  bocoran waktu pelaksanaan SKB, materi yang diujikan hingga passing grade bobot nilai.
Peserta lolos SKD akan mengikuti ujian SKB. Ketahui ketentuan SKB CPNS 2021, bocoran waktu pelaksanaan SKB, materi yang diujikan hingga passing grade bobot nilai. /Tangkap layar Instagram @bkngoidofficial

BERITA DIY - Proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 sudah akan mulai memasuki Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun masih banyak peserta yang belum mengetahui ketentuan dan apa itu SKB CPNS 2021, bocoran waktu pelaksanaan SKB, materi yang diujikan dan passing grade bobot nilai.

Peserta yang dinyatakan lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) selanjutnya berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang.

Apa itu SKB?

Secara sederhana, SKB merupakan seleksi untuk menilai kesesuaian antara kompetensi bidang yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi bidang sesuai dengan kebutuhan jabatan.

Baca Juga: Cek Hasil SKD CPNS 2021 dengan Cara Ini: Catat Jadwal Pengumuman Tahap 1 dan Tahap 2

Seleksi yang akan diujikan dalam SKB berbeda dengan SKD. Pada SKB, soal yang diujikan sudah mulai fokus ke bidang yang dilamar oleh peserta. Sebagai contoh, untuk posisi penyuluh pertanian maka yang akan diujikan adalah materi mengenai pertanian.

Meski demikian, pelaksanaan SKB masih sama dengan SKD yakni menggunakan sistem computer assisted test (CAT) yang diselenggarakan oleh BKN.

 

Selain materi SKB dengan sistem CAT yang diselenggarakan oleh BKN, materi SKB dapat berupa:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah