Cara Ternak Ikan Lele untuk Pemula: Mulai dari Pembuatan Kolam, Cara Memilih Benih Unggul dan Perawatan

- 20 Oktober 2021, 15:31 WIB
Ilustrasi cara ternak ikan lele agar budidaya berhasil dan menghasilkan ikan lele unggulan.
Ilustrasi cara ternak ikan lele agar budidaya berhasil dan menghasilkan ikan lele unggulan. /Pixabay/DEZALB

BERITA DIY - Ternak lele merupakan salah satu ide usaha di bidang peternakan yang cukup banyak diminati. Budidaya atau ternak lele juga dinilai mudah karena bibit ikan lele yang mudah ditemukan.

Ternak lele bisa menjadi peluang usaha atau bisnis yang menjanjikan apabila dilakukan dengan tekun dan serius. Hal ini karena ikan air tawar satu ini mengandung nutrisi tinggi dan menjadi salah satu bahan makan yang dijual di berbagai tempat.

Cara ternak ikan lele juga tidak terlalu sulit karena perawatan yang sederhana. Meski demikian, ternak lele bisa menghasilkan limbah air yang kotor, bau dan mengganggu lingkungan apabila tidak dikelola dengan baik.

Baca Juga: Mengenal Ikan Green Toman, Spesies Langka yang Ditemukan di Klaten

Terdapat beberapa hal pula yang perlu diperhatikan antara lain adalah anggaran yang cukup, pemilihan lokasi yang strategis, kesiapan sumber daya manusia, dan pertimbangan dampak lingkungan.

Adapun cara untuk budidaya atau ternak lele yang benar adalah sebagai berikut:

1. Penyediaan Kolam Ternak Lele

Sebelum memulai ternak lele, penyediaan kolam merupakan langkah pertama sebelum membeli benih lele. Kolam yang sesuai akan menunjang pertumbuhan dan keberhasilan ternak lele kedepannya.

Pastikan ukuran kolam cukup ideal dengan jumlah benih yang akan ditebar. Kolam juga harus lebih dalam agar menghindari sinar matahari langsung mengenai dasar kolam yang bisa membuat ikan lele kepanasan hingga mati.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X