Asbabun Nuzul Surat Ali Imran Ayat 190-191 Serta Isi Kandungan dan Tafsir dari Tokoh Islam Terkenal

- 5 Oktober 2021, 20:10 WIB
ILUSTRASI - Simak Asbabun Nuzul surat Ali Imran ayat 190-191 beserta isi kandungan atau makna dan tafsir dari tokoh Islam terkenal.
ILUSTRASI - Simak Asbabun Nuzul surat Ali Imran ayat 190-191 beserta isi kandungan atau makna dan tafsir dari tokoh Islam terkenal. /PIXABAY/hmzasefaa

BERITA DIY - Simak Asbabun Nuzul surat Ali Imran ayat 190-191 beserta isi kandungan dan tafsir menurut para Muffasir di artikel ini. Ali Imran merupakan surat ke-3 dalam kitab suci Al-Quran dan terdiri dari 200 ayat.

Sementara, Asbabun Nuzul memiliki arti sebab-sebab turunnya suatu ayat dalam Al-Quran yang merinci latar belakang atau penyebab suatu ayat atau beberapa ayat dalam kitab suci umat Islam tersebut.

Ibnu Tamiyyah mengatakan bahwa para Mufassir dimudahkan dengan adanya Asbabun Nuzul untuk memudahkan mereka menemukan tafsir dan memahami suatu ayat atas kisah yang diturunkan.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Sholat Rebo Wekasan, Rabu Terakhir Bulan Safar 2021! Ini Tata Cara Selamatan Tolak Bala

Lebih lanjut, ilmu Asbabun Nuzul dari suatu ayat dapat memberikan dasar yang kuat serta kokoh untuk mendalami arti, makna dan ruang lingkupnya.

Tujuan dari Asbabun Nuzul ini adalah menjelaskan hikmah tentang persyaratan terhadap hukum dan untuk mengkhususkan hukum yang bersifat umum.

Surat Ali Imran (Keluarga Imran) terdiri dari berbagai kisah yang dapat dijadikan pedoman kehidupan sehari-hari oleh manusia. di antaranya kelahiran Maryam binti Imran, kelahiran Nabi Isa AS yang merupakan putra Maryam, penciptaan langit dan bumi, dan sebagainya.

Baca Juga: Tata Cara Sholat dan Doa Niat Qobliyah Subuh Lengkap Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Berikut ini bunyi surat Ali Imran ayat 190-191 dalam tulisan Arab dan terjemahan Bahasa Indonesia.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x