Keutamaan dan Bacaan Doa Khatam Al-Quran 30 Juz dalam Tulisan Arab, Latin serta Terjemahan Bahasa Indonesia

- 10 September 2021, 16:04 WIB
ILUSTRASI - Simak keutamaan dan doa khatam Al-Quran hingga 30 juz dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan Bahasa Indonesia.
ILUSTRASI - Simak keutamaan dan doa khatam Al-Quran hingga 30 juz dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan Bahasa Indonesia. /PEXELS/gr-stocks-1716147

BERITA DIY - Simak bacaan doa khatam Al-Quran 30 juz dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan dalam Bahasa Indonesia. Disampaikan pula keutamaan bagi siapa yang berhasil menyelasaikan membaca kitab suci umat Islam itu.

Seperti yang diketahui bahwa kitab suci Al-Quran terdiri dari 30 juz dan berisi tentang kisah, pelajaran, dan pedoman kehidupan sehari-hari bagi umat Islam di muka bumi.

Muslim disarankan untuk menamatkan Al-Quran hingga akhir surat 114 (An-Nas) di juz 30. Adapan surat terakhir ini terdiri dari enam ayat.

Baca Juga: Bacaan Tahiyat Akhir Sampai Salam Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia

Bagi umat Muslim yang berhasil khatam, ada pahala dan keutamaan yang diberikan oleh Allah SWT. Terdapat pula doa tertentu jika berhasil melakukannya. Berikut ulasannya dari berbagai sumber.

Bacaan doa khatam Al-Quran dalam tulisan Arab dan Latin beserta terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia.

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Shalat Lengkap Arab, Latin, Indonesia

Artinya : “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Quran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x