Doa Safar dan Artinya, Serta Hadist Keutamaan Bulan Safar di September 2021 untuk Dapat Rezeki dan Buang Sial

- 7 September 2021, 20:07 WIB
ILUSTRASI - Berdoa kumpulan doa yang bisa diamalkan pada saat bulan Safar yang jatuh tepat pada Rabu, 8 September 2021 ini untuk dapat rezeki dan buang sial.
ILUSTRASI - Berdoa kumpulan doa yang bisa diamalkan pada saat bulan Safar yang jatuh tepat pada Rabu, 8 September 2021 ini untuk dapat rezeki dan buang sial. /PIXABAY/aamiraimer

BERITA DIY - Setelah bulan Muharram, kini umat muslim memasuki bulan Safar dalam Kalender Islam penanggalan Hijriyah. Berikut kumpulan doa Safar dan artinya untuk dapat rezeki serta buang sial.

Bulan Safar 2021 atau 1443 Hijriyah jatuh pada Rabu, 8 September 2021 hingga Kamis, 7 Oktober 2021 mendatang. Bulan ini merupakan bulan kedua dalam penanggalan Islam.

Safar artinya adalah "kosong", didasari dari periode zaman pra-Islam di mana masyarakat keluar mengosongkan rumahnya untuk mencari rezeki.

Baca Juga: Baca Doa Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Ada Keutamaan Dosa Bisa Terampuni dan Manfaat Lainnya

Dalam pemikiran Arab jahiliyah pra-Islam, Safar juga dimitoskan sebagau bulan yang penuh kesialan. Setelah para masyarakat meninggalkan rumah mereka masing-masing.

Beberapa ulama mengatakan jika pendapat yang menyatakan bulan Safar adalah bulan sial dan tidak baik untuk mengadakan sebuah acara penting merupakan khufarat atau tahayul dan mitos.

Khurafat adalah bentuk penyimpangan dalam akidah Islam. Beberapa keyakinan dalam hal ini meliputi beberapa larangan seperti melakukan pernikahan, khitan dan berbagai perbuatan lain yang apabila dilakukan akan menimbulkan musibah atau kesialan.

Baca Juga: Doa Buka Puasa Senin Kamis Lengkap Niat dan Keutamaan dalam Arab, Latin dan Artinya Bahasa Indonesia

Mitos akan hal ini sebenarnya sudah dibantah oleh Rasulullah SAW yang bersabda jika bulan Safar bukanlah bulan yang sial dan sudah jelas tidak masuk dalam dasar hukum Islam.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x