Pelat Nomor Berwarna Hijau Apa Artinya? Ini Daftar Warna Plat Nomor di Indonesia dan Artinya

- 31 Agustus 2021, 18:05 WIB
ILUSTRASI - Daftar warna dan arti plat nomor, bahkan pelat nomor warna hijau.
ILUSTRASI - Daftar warna dan arti plat nomor, bahkan pelat nomor warna hijau. /Tangkap Layar: Korlantas.polri.go.id

BERITA DIY - Beberapa warna plat nomor terdapat berbagai warna, salah satunya adalah warna hijau. Simak beberapa warna yang perlu Anda ketahui lengkap beserta arti dibaliknya dalam artikel ini.

Nomor plat kendaraan bermotor atau biasa disebut pelat nomor menjadi suatu hal yang penting bagi para pemilik maupun pengendara kendaraan bermotor.

Sebab plat nomor tersebut merupakan penanda registrasi kendaraan bermotor tersebut. Pihak kepolisian dapat mengidentifikasi kendaraan maupun pemiliknya dengan menggunakan nomor pelat ini.

Baca Juga: Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Online dengan Mudah dan Cepat Melalui Beragam Aplikasi

Lebih lanjut untuk semakin mempermudah identifikasi kendaraan ataupun pengendaranya, terdapat berbagai macam warna plat yang telah ditetapkan.

Penetapan warna pada plat nomor tersebut tidak dilakukan dengan sembarangan. Melainkan setiap warna yang diberikan pada pelat nomor tersebut mengandung berbagai arti masing-masing.

Dari sekian banyak warna pelat nomor yang sering tampak dalam kendaraan, salah satu warna yang jarang diketahui adalah adanya plat nomor yang memiliki warna dasar yaitu hijau.

Baca Juga: Jadwal Kapan Pelat Nomor Kendaraan TNKB Ganti Warna Putih dan Daftar Biaya yang Harus Disiapkan

Meskipun jarang terlihat dan kurang mendapatkan perhatian oleh masyarakat namun hadirnya plat nomor berwarna dasar hijau ini sebenarnya telah lama ditetapkan dan beredar pada beberapa kendaraan di Indonesia.

Bahkan plat nomor dengan warna dasar hijau ini telah terdaftar atau terregistrasi dalam Korlantas Polri. Penetapan adanya pelat nomor warna hijau ini mulai dilakukan berdasar Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x