Jadwal Kapan Pelat Nomor Kendaraan TNKB Ganti Warna Putih dan Daftar Biaya yang Harus Disiapkan

- 22 Agustus 2021, 08:24 WIB
Ilustrasi penggantian plat TNKB warna putih di Indonesia akan dilakukan secara bertahap oleh pemerintah untuk mengefektivkan e-tilang.
Ilustrasi penggantian plat TNKB warna putih di Indonesia akan dilakukan secara bertahap oleh pemerintah untuk mengefektivkan e-tilang. /Pixabay/11066063

BERITA DIY - Pemerintah mencanangkan penggantian plat atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dari dasar warna hitam ke menjadi putih. Tulisan plat akan dirubah seiring perubahan dasar warna dari tulisan warna putih ke warna hitam.

Perubahan plat TNKB didasarkan pada Perpol Nomor 7 Tahun 2021 Pasal 45 Ayat 1 (a), TNKB kendaraan motor perseorangan, badan hukum, Perwakilan Negara Asing (PNA), dan Badan Internasional akan berwarna putih dengan tulisan hitam.

Tujuan pergantian plat TNKB ini untuk mengefektifkan penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. Kamera tilang disebut kurang bisa menangkap tulisan plat TNKB dengan jelas, sehingga perlunya penggantian warna plat.

Baca Juga: Cara Mengurus STNK Hilang Beserta Syarat dan Biaya

Penggantian warna plat TNKB ini akan dilaksanakan secara bertahap dan dimulai tahun depan. Sementara ini, pemerintah akan menunggu ketersediaan stok dan menunggu stok lama habis terlebih dahulu.

Perubahan plat TNKB menjadi berwarna putih akan diberlakukan secara nasional kecuali untuk plat kendaraan pemerintah dan angkutan umum. Masyarakat bisa mengganti plat TNKB nya secara alami.

Penggantian plat TNKB secara alami yang dimaksut adalah pada saat membeli kendaraan baru, menunggu masa TNKB habis, membayar perpanjangan atau saat melakukan balik nama kendaraan agar tidak membebani masyarakat.

Baca Juga: Hore! Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Hadir di 3 Provinsi Ini

Berdasarkan penjelasan di atas, jadwal penggantian plat TNKB berwarna putih akan dimulai tahun 2022 mendatang secara bertahap secara nasional dan tidak dilakukan secara serentak dalam kurun waktu tertentu.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x