Apa Itu Herd Immunity? Berikut Penjelasan Lengkap dan Kaitannya dengan Vaksin Covid-19 Menurut WHO

- 14 Agustus 2021, 12:00 WIB
Ilustrasi logo World Health Organization (WHO). Berikut penjelasan tentang apa itu Herd Immunity oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang sering kita kenal dengan nama World Health Organization (WHO).
Ilustrasi logo World Health Organization (WHO). Berikut penjelasan tentang apa itu Herd Immunity oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang sering kita kenal dengan nama World Health Organization (WHO). /PIxabay/padrinan.

BERITA DIY – Berikut penjelasan tentang apa itu Herd Immunity oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang sering kita kenal dengan nama World Health Organization (WHO).

Organisasi Kesehatan Dunia adalah salah satu badan PBB yang bertindak sebagai koordinator kesehatan umum internasional dan bermarkas di Jenewa, Swiss. WHO didirikan oleh PBB pada 7 April 1948.

Anda pasti sering mendengar kata Herd Immunity, mungkin saat mendengar berita tentang Covid-19, Vaksinasi, atau pemberitahuan dari Pemerintah tentang Vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Fakta tentang Herd Immunity yang Harus Diketahui, Cara Hentikan Covid-19?

Lalu apa yang dimaksud dengan Herd Immunity tersebut? Berikut Berita DIY akan menjelaskan tentang Herd Immunity yang bersumber dari WHO

Mungkin yang kita tahu tentang Herd Immunity atau kekebalan kelompok adalah suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi.

Sedangkan menurut WHO yang dikutip oleh BERITA DIY dari laman resminya, yang dimaksud dengan Herd Immunity  atau kekebelan kelompok adalah perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika suatu populasi kebal baik melalui vaksinasi atau kekebalan yang dikembangkan melalui infeksi sebelumnya.

Baca Juga: Cek Fakta: Data WHO Nyatakan 377 Per 100 Ribu Orang Meninggal Usai Divaksin

Melalui Vaksinasi tersebut dapat melindungi orang dari virus Covid-19 dengan tercapainya kekebalan kelompok terhadap Covid-19.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x