WHO Prediksi Covid-19 Tidak akan Berakhir Tahun Ini, akan Jadi Endemik di Masa Depan

- 2 Maret 2021, 14:05 WIB
WHO Prediski Covid-19 Tidak akan Berakhir Tahun Ini, akan Jadi Endemik di Masa Depan .*
WHO Prediski Covid-19 Tidak akan Berakhir Tahun Ini, akan Jadi Endemik di Masa Depan .* //Pixabay/Padrinan

BERITA DIY - Peringatan mengenai pandemi Covid-19 ini belum tentu yang paling parah dikemukakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut Profesor David Heymann, Ketua kelompok penasihat strategis dan teknis WHO untuk bahaya infeksi mengatakan jika Covid-19 bisa menjadi endemik.

“Dunia mengharapkan herd immunity, yang entah bagaimana penularannya akan menurun jika cukup banyak orang yang kebal,” ucap pakar WHO itu dikutip BERITA DIY dari The Guardian pada Senin, 1 Maret 2021.

Australia menegaskan penyelidikan WHO tentang asal Covid-19 harus kuat, meskipun ada ketegangan di Tiongkok.

Baca Juga: Tidak Banyak yang Tahu! Cara Mudah Mengembalikan File WhatsApp yang Terhapus

Namun, Profesor David Heymann, yang juga seorang ahli epidemiologi di London School of Hygiene and Tropical Medicine, mengatakan konsep herd immunity telah disalahpahami.

“Tampaknya takdir SARS-CoV-2 menjadi endemik, seperti halnya empat virus Corona manusia lainnya, dan akan terus bermutasi saat berkembang biak di dalam sel manusia, terutama di area dengan penerimaan yang lebih intens,” jelasnya.

“Untungnya, kita memiliki alat untuk menyelamatkan nyawa, dan ini dikombinasikan dengan kesehatan masyarakat yang baik membuat kita belajar hidup dengan Covid-19,” lanjut Profesor David Heymann.

Dr. Mike Ryan, Kepala program kedaruratan WHO, mengatakan skenario yang mungkin terjadi adalah virus akan menjadi endemik lain yang akan tetap menjadi ancaman.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: The Guardian


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x