Apa Risiko atau Bahaya Jika Tidak Vaksin Covid-19? Ini Penjelasan dari Ahli

- 11 Agustus 2021, 19:50 WIB
ILUSTRASI - Penyuntikan vaksin Covid-19. Berikut penjelasan tentang beberapa risiko jika tidak laksanakan vaksinasi Covid-19.
ILUSTRASI - Penyuntikan vaksin Covid-19. Berikut penjelasan tentang beberapa risiko jika tidak laksanakan vaksinasi Covid-19. /Tangkap layar pedulilindungi.id

BERITA DIY – Berikut penjelasan tentang beberapa risiko jika tidak lakukan suntik vaksin Covid-19. Hadirnya vaksin saat ini sangat membantu bagi seluruh masyarakat dunia terutama masyarakat Indonesia.

Vaksin memang bukanlah obat agar kita terhindar dari Covid-19 tetapi dengan kita divaksin tubuh kita akan terjaga kekebalannya dari virus Covid-19 yang menyebar saat ini.

Varian Covid-19 jenis Delta yang berbahaya terus menyebar ke seluruh negeri, orang yang tidak divaksin memiliki resiko terkena Covid-19 lebih tinggi dibandingkan mereka yang sudah divaksin.

Dikutip dari Healthline, menurut Dr. Kathi Kemper, profesor di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Ohio dan guru utama untuk persekutuan AIHM mengatakan bahwa setiap orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin perlu vaksinasi demi melindungi mereka dari Covid-19.

Baca Juga: Daftar Tempat di Jakarta yang Wajibkan Pengunjung Tunjukkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Vaksin memberikan perlindungan 80 persen hingga 90 persen dalam hal kasus Covid-19 yang parah atau yang memperlukan rawat inap atau kematian.

Namun, orang yang tidak divaksinasi lebih mungkin tertular virus, memiliki gejala, atau memerlukan rawat inap hingga kematian.

Menurut Dr. Robert Amler, Dekan New York Medical College, mengatakan setiap kali lebih banyak orang berkumpul ada risiko lebih besar terkena virus dari orang lain yang tidak di vaksin dan bahkan dari persentase yang sangat kecil dari orang yang di vaksinasi yang mungkin menularkan virus.

Tempat yang harus dihindari jika kita tidak divaksin salah satunya adalah bar atau restoran.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x