Doa Akhir Tahun dan Awal Hijriyah Kapan Dibaca, Ini Penjelasan Lengkap dengan Latin dan Arti Bahasa Indonesia

- 9 Agustus 2021, 18:00 WIB
ILUSTRASI - Doa akhir tahun dan awal tahun Islam Hijriyah lengkap dengan Arab, Latin dan arti Bahasa Indonesia pada 1 Muharram yang jatuh pada 10 Agustus 2021.
ILUSTRASI - Doa akhir tahun dan awal tahun Islam Hijriyah lengkap dengan Arab, Latin dan arti Bahasa Indonesia pada 1 Muharram yang jatuh pada 10 Agustus 2021. /UNSPLASH/Masjid Pogung Dalangan

BERITA DIY - Tahun baru Islam 1443 Hijriyah jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021. Simak doa akhir tahun dan awal tahun Islam lengkap dengan Arab, Latin dan arti Bahasa Indonesia.

Kementerian Agama (Kemenag) telah umumkan jika 1 Muharram 1443 Hijriyah akan jatuh pada 10 Agustus 2021. Dihimbau pula umat Islam untuk panjatkan doa akhir tahun dan awal tahun baru.

"Tahun baru Islam tetap 1 Muharram 1443 H, bertepatan 10 Agustus 2021 M," ujar Kamaruddin Amin selaku Dirjen Bimas Islam, di Jakarta, Rabu, 4 Agustus 2021.

Baca Juga: Amalan-amalan Sunnah pada Bulan Muharram 1443 H Tahun Baru Islam, Menilik Anjuran Nabi Muhammad SAW

Dipercaya, doa akhir tahun Hijriyah memiliki makna untuk memohon pengampunan terhadap dosa-dosa yang selama ini dilakukan. Selain itu, pendoa juga menginginkan keridhaan dari Allah SWT Yang Maha Pengampun.

Sedangkan itu, doa awal tahun baru Islam diisi dengan harapan kepada Allah SWT dan berlindung dari godaan serta bujuk rayu iblis yang kerap menyesatkan manusia.

Dalam bulan pertama dalam kalender Hijriyah, Muharram terdapat keutamaan yang mulia dan amalan sunnah yang berpahala besar. Salah satunya adalah amalan sunnah puasa Tasua dan puasa Asyura pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Baca Juga: Doa Niat Puasa Asyura dan Tasua Arab, Latin, Bahasa Indonesia: Keutamaan Ibadah Bulan Muharram Agustus 2021

Doa akhir tahun

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x