Apa Itu Doping? Lifter China Terindikasi Doping, Windy Cantika Bisa Ganti Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

- 29 Juli 2021, 19:20 WIB
Windy Cantika Aisah berpeluang raih medali perak untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 jika Hou Zhihui, lifter asal China terbukti menggunakan doping.
Windy Cantika Aisah berpeluang raih medali perak untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 jika Hou Zhihui, lifter asal China terbukti menggunakan doping. /Instagram.com/@timindonesiaofficial

BERITA DIY - Atlet angkat besi asal China, Hou Zhihui terindikasi gunakan doping di Olimpiade Tokyo 2020. Hou Zhihui sebelumnya peraih medali emas pada angkat besi kelas 49 kg putri. Karena dugaan ini dia terancam kehilangan medalinya.

Lifter Hou Zhihui menang melawan lawannya Mirabai Chanu, India dan Windy Cantika Aisah, Indonesia dengan total beban 210kg pada 24 Juli 2021 di Tokyo Internastional Forum.

Jika hasil tes Hou terbukti positif doping, maka medali emas Hou Zhihui akan direbut Mirabai Chanu dengan total angkatan 202kg. Sedangkan medali perunggu Windy Cantika Aisah akan terganti medali perak usai mencatat total angkatan 194 kg.

Baca Juga: Link Live Streaming Olimpiade Tokyo 2020 Semua Cabang Olahraga 24 Jam Penuh, Tak Cuma Badminton

Sejauh isu ini beredar belum ada berita acara resmi yang dikeluarkan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), Panitia Penyelenggara Olimpiade Tokyo (TOCOG), dan Badan Anti-Doping Dunia (WADA).

Melansir dari Antara News, hasil kepastian mengenai kemungkinan lifter China menggunkan doping baru bisa ditunggu sekitar sepekan mendatang usai tes doping selesai dilakukan.

Skandal yang menjerat Hou Zhihui begitu memengaruhi sebaran medali cabor angkat besi kelas 49 kg putri di Olimpiade Tokyo 2020. Lantas apa itu doping?

Merujuk pada Undang-Undang RI Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, doping adalah penggunaan zat dan/atau metode terlarang untuk meningkatkan prestasi olahraga.

Istilah lain dari doping adalah Performance Enhancing Drugs (PED), yakni sejenis obat-obatan yang digunakan oleh atlet untuk meningkatkan prestasi atletik.

Baca Juga: Cara Bermain Game Google Doodle Olimpiade Tokyo 2020, Yuk Raih Skor Tertinggi dari Berbagai Lomba!

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: WADA Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x