Puasa Tarwiyah: Jadwal, Niat, Tata Cara, dan Keutamaannya Jelang Idul Adha 2021

- 15 Juli 2021, 04:00 WIB
Puasa Tarwiyah sunnah dilakukan dua hari jelang Idul Adha. Adapun keutamaan Puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa selama satu tahun.
Puasa Tarwiyah sunnah dilakukan dua hari jelang Idul Adha. Adapun keutamaan Puasa Tarwiyah dapat menghapus dosa selama satu tahun. /PIXABAY/shafin_protic

BERITA DIY - Puasa Tarwiyah merupakan salah satu puasa yang dilakukan menjelang Idul Adha, tak terkecuali tahun 2021 ini.

Berikut ini kamu akan mendapatkan jadwal, niat, tata cara, dan keutamaan Puasa Tarwiyah di tulisan ini yang dapat kamu terapkan.

Sebagai pembuka, Puasa Tarwiyah dilakukan pada 8 Dzulhijjah atau tahun ini terjadi pada tanggal 18 Juli 2021 dalam kalender Masehi, dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha 2021.

Jadwal tersebut mengacu pada sidang Isbat yang telah dilakukan oleh Kemenag untuk menentukan Hari Raya Idul Adha 1442 H.

Baca Juga: Keutamaan dan Niat Puasa Tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

"1 Dzulhijjah 1442 Hijriyah ditetapkan jatuh pada Ahad tanggal 11 Juli 2021 M. Dengan begitu, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 M," sebagaimana keterangan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas setelah memimpin sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta.

Adapun umat Muslim dianjurkan untuk melakukan serangkaian ibadah pada bulan Dzulhijjah yang penuh berkah ini, salah satunya adalah Puasa Tarwiyah sebelum idul Adha.

Puasa pada awal bulan Dzulhijjah ini juga merupakan kebiasaan Nabi Muhammad SAW yang patut umat Muslim tiru. Simak hadits berikut ini.

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x