Bacaan Niat Puasa 9 Hari Pertama Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2021 dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 11 Juli 2021, 14:10 WIB
Ilustrasi - Umat muslim dianjurkan berpuasa beberapa hari jelang Idul Adha. Adapun terdapat niat berpuasa Dzulhijjah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia.
Ilustrasi - Umat muslim dianjurkan berpuasa beberapa hari jelang Idul Adha. Adapun terdapat niat berpuasa Dzulhijjah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia. /PIXABAY/Syaibatulhamdi

BERITA DIY - Bacaan niat puasa pada sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah jelang hari raya Idul Adha 2021 dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia, tersedia di akhir artikel ini.

Kemenag telah memutuskan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada hari ini, Minggu, 11 Juli 2021. Dengan kata lain, hari raya Idul Adha akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021.

"1 Dzulhijjah 1442 Hijriyah ditetapkan jatuh pada Ahad tanggal 11 Juli 2021 M. Dengan begitu, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 M," sebagaimana keterangan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas setelah memimpin sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta.

Baca Juga: Niat Puasa dan Manfaat Menjalankan Puasa Senin Kamis: Mendapat Pahala hingga Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Adapun bulan Dzulhijjah menurut agama Islam merupakan bulan mulia yang penuh berkah. Umat Muslim dianjurkan untuk melakukan ibadah dan kebajikan, terutama puasa selama beberapa hari di awal bulan Dzulhijjah sebelum hari raya Idul Adha.

Puasa pada sembilan hari di awal bulan Dzulhijjah sendiri merupakan ibadah yang kerap dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang diriwayatkan di bawah ini:

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya.

Baca Juga: Jadwal Puasa Sunah di Bulan Juli 2021: Ada Puasa Arafah, Puasa Tarwiyah, dan Puasa Ayyamul Bidh

Rinciannya, umat Muslim dapat melakukan puasa sunah tanggal 1-7 Dzulhijjah atau Minggu hingga Sabtu tanggal 11-17 Juli 2021. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x