Keutamaan dan Niat Puasa Tanggal 1 hingga 7 Dzulhijjah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

- 12 Juli 2021, 09:23 WIB
Umat Islam dianjurkan melakukan puasa pada awal bulan Dzulhijjah jelang Idul Adha. Terdapat keutamaan dan bacaan niat puasa 1-7 Dzulhijjah.
Umat Islam dianjurkan melakukan puasa pada awal bulan Dzulhijjah jelang Idul Adha. Terdapat keutamaan dan bacaan niat puasa 1-7 Dzulhijjah. /UNSPLASH/(@katekerdi)

BERITA DIY - Keutamaan dan niat puasa tanggal 1-7 bulan Dzulhijjah lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia bisa Anda akses di sini.

Seperti yang diketahui, bulan Dzulhijjah adalah bulan yang spesial bagi umat Muslim. Pada tahun 2021 ini, Dzulhijjah terhitung mulai tanggal 11 Juli pada kalender Masehi. 

Dengan datangnya bulan Dzulhijjah pada bulan Juli 2021, maka Juli merupakan saat yang spesial karena umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H yang diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah pada kalender Islam.

Baca Juga: Qadha Ramadhan Bareng dengan Puasa Senin Kamis Diperbolehkan, Ini Bacaan Niat Puasa Pengganti Lengkap

Kemenag pun juga telah menentukan Hari Raya Idul Adha 1442 H pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang melalui sidang Isbat yang telah dilakukan Sabtu, 10 Juli 2021.

"1 Dzulhijjah 1442 Hijriyah ditetapkan jatuh pada Ahad tanggal 11 Juli 2021 M. Dengan begitu, Hari Raya Idul Adha akan jatuh pada hari Selasa, 20 Juli 2021 M," sebagaimana keterangan dari Menag Yaqut Cholil Qoumas setelah memimpin sidang Isbat di Kementerian Agama, Jakarta.

Adapun umat Muslim dianjurkan untuk melakukan berbagai macam ibadah pada bulan Dzulhijjah yang mulia, seperti berdoa, salat wajib dan sunah, berdzikir, hingga puasa menjelang Hari Raya Idul Adha. 

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa 9 Hari Pertama Dzulhijjah Jelang Idul Adha 2021 dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Puasa pada awal bulan Dzulhijjah merupakan kebiasaan yang kerap dilakukan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana hadits berikut ini:

عَنْ بَعْضِ أَزْوَاجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَصُومُ تِسْعَ ذِى الْحِجَّةِ وَيَوْمَ عَاشُورَاءَ وَثَلاَثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنَ الشَّهْرِ وَالْخَمِيسَ.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x