Qadha Ramadhan Bareng dengan Puasa Senin Kamis Diperbolehkan, Ini Bacaan Niat Puasa Pengganti Lengkap

- 12 Juli 2021, 03:00 WIB
Ilustrasi - Puasa Qadha Ramadhan atau mengganti puasa ramadhan bisa dibarengi dengan puasa sunnah seperti puasa senin kamis berikut lafal niat puasa qadha
Ilustrasi - Puasa Qadha Ramadhan atau mengganti puasa ramadhan bisa dibarengi dengan puasa sunnah seperti puasa senin kamis berikut lafal niat puasa qadha /PEXELS/monstera

BERITA DIY - Umat muslim yang masih memiliki utang puasa Ramadhan bisa menggantinya bersamaan dengan puasa sunnah Senin, Kamis. Menurut penjelasan dari Ustad Abdul Somad (UAS) hal itu diperbolehkan dalam hukum agama.

UAS memaparkan secara singkat lewat kanal Youtube Kun Ma Alloh yang berjudul Qadha Puasa di Senin Kamis, Niat dan Pahalanya. Puasa untuk mengganti utang Ramadhan di hari puasa sunnah Senin, Kamis disebut puasa Qadha.

Untuk menjalankan puasa Qadha bersamaan dengan puasa sunnah, kita cukup melafalkan niat puasa Qadha saja. Tidak perlu niat puasa sunnah dan fardhu digabungkan.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Jadwal Puasa Tarwiyah dan Arafah 2021 Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Hanya dengan niat puasa Qadha saja, kita tetap mendapatkan beberapa pahala puasa sekaligus.

Selain dilaksanakan di waktu Senin, Kamis, bisa juga dilakukan waktu sunnah lainnya seperti di bulan Dzulhijah ini, puasa Qadha bisa dibarengi dengan puasa sunnah Dzulhijah, Arafah, dan Tarwiyah.

Buya Yahya juga berpendapat sama dengan UAS, jika pahala puasa Qadha yang dilaksanakan di waktu sunnah seperti mendapat pahala bonus. Pahala dari puasa qadha, pahala dari puasa sunnah, dan pahala dari puasa di bulan Dzulhijah jika kita melaksanakannya bertepatan dengan puasa Dzulhijah.

Bagaimana bacaan niat puasa Qadha untuk membayar utang puasa di waktu sunnah? Berikut lafalnya lengkap dalam bahasa Arab, latin, dan terjemahan Indonesia

Baca Juga: Niat Puasa dan Manfaat Menjalankan Puasa Senin Kamis: Mendapat Pahala hingga Menurunkan Risiko Sakit Jantung

Niat bacaan puasa Qadha Ramadhan

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x