Cara Dapat Obat dan Konsultasi Dokter Gratis via Telemedicine Untuk Pasien Covid-19

- 11 Juli 2021, 18:20 WIB
Ilustrasi telemedicine untuk isoman Covid-19.
Ilustrasi telemedicine untuk isoman Covid-19. /PIXABAY/Tumisu

BERITA DIY - Simak cara konsultasi dokter dan dapat obat gratis untuk isolasi mandiri (isoman) bagi pasien Covid-19 melalui Telemedicine. Berikut pejelasan selengkapnya.

Sebagaimana diketahui, Kemenkes telah bekerjasama dengan 11 platform Telemedicine sebagai pelayanan konsultasi kesehatan virtual bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. 

Sehingga bagi pasien positif Covid dengan gejala ringan hingga sedang yang tidak bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit dapat tetap terpantau kesehatannya.

Layanan ini sengaja diciptakan sebagai fasilitas pelayanan konsultasi online untuk memberikan pelayanan kesehatan secara jarak jauh. Lalu bagaimana cara penggunaanya?

Baca Juga: Daftar Obat Telemedicine Gratis Bagi Pasien Isoman Covid-19 Resmi Kemenkes

Pada praktiknya Telemedicine dibagi menjadi dua jenis, yakni asinkronis dan sinkronis. Perbedaannya terletak pada proses pengiriman data terkait yang diperlukan dalam konsultasi online.

Jika Telemedicine asinkronis, data pasien bisa dikirim lewat email kepada dokter. Kemudian, dokter akan mempelajari data itu untuk kemudian menyampaikan diagnosis. Sedangkan, pada jenis Telemedicine sinkroinis dilakukan dengan cara interaktif secara langsung, misalnya lewat video call.

Keduanya sama-sama efektif dan dapat dipilih sesuai kebutuhan pasien. Nantinya, dokter akan meresepkan beberapa obat yang bakal dikirimkan secara gratis sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Beberapa platform yang bekerja sama dengan Kemenkes sebagai layanan Telemedicine antara lain, Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Pro Sehat, dan Yesdok. 

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x