Eks Wamenlu Ungkap Rencana DPR soal Presiden Tak Lagi Dipilih Rakyat di Pilpres 2024, Siapa yang Usul?

- 21 Juni 2021, 14:53 WIB
Ilustrasi gedung DPR RI. Info magang pada Juni 2021 bulan ini, salah satunya yakni Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI membuka 5 posisi magang.
Ilustrasi gedung DPR RI. Info magang pada Juni 2021 bulan ini, salah satunya yakni Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI membuka 5 posisi magang. /dpr.go.id

BERITA DIY - Mantan Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal mengungkap soal rencana anggota DPR yang mengusulkan Presiden 2024 tak lagi dipilih oleh rakyat.

Dia menjelaskan, ada rencana soal Presiden kembali dipilih oleh MPR seperti zaman orde baru. Memang sebelum pemilihan langsung, dulu Presiden dipilih oleh MPR.

"Anggota2 DPR yg kini aktif usulkan agar Presiden 2024 TIDAK LAGI DIPILIH langsung oleh RAKYAT tapi kembali dipilih MPR seperti zaman Orde Baru," cuitnya, Senin, 21 Juni 2021.

Baca Juga: Inalillahi, Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal Berduka atas Gugurnya 53 Awak KRI Nanggala 402

Dino pun meminta agar anggota DPR yang mengusulkan Presiden dipilih oleh MPR, nama-namanya dibeberkan ke publik. Hal itu merupakan bentuk pertanggungjawaban ke rakyat.

"Sy yakin para anggota DPR ini TIDAK mewakili pandangan konstituen mereka dlm usulkan ide parah itu. Pemilihan Presiden oleh MPR (bukan lagi oleh rakyat) pasti akan kembalikan politik uang& politik transaksional dlm demokrasi Bendera Indonesia, apalagi dgn maraknya kasus korupsi di DPR," ucap Dino.

Jika tidak dilakukan secara langsung, dia menilai Pilpres 2024 tidak lagi milik rakyat, tapi milik sponsor. Nantinya Pemilihan Presiden dikuasai oleh elit politik.

Baca Juga: Profil Singkat Jokowi atau Joko Widodo: Presiden RI Ketujuh yang Lahir Hari Ini, 60 Tahun yang Lalu

"Demokrasi akan jadi elitis. Tidak ada yg percaya pemilihan Presiden oleh MPR nantinya akan bebas rekayasa, kolusi & korupsi. Kedaulatan tidak lagi di tangan rakyat, tapi dikuasai elit," kata Dino.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x