Mengenal Pakaian Adat Tanah Bambu yang Dipakai Jokowi di Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021

- 1 Juni 2021, 13:50 WIB
Presiden Jokowi memimpin Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dengan memakai pakaian adat Tanah Bambu yang sarat makna.
Presiden Jokowi memimpin Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021 dengan memakai pakaian adat Tanah Bambu yang sarat makna. /Instagram.com/@sekretariat.kabinet

BERITA DIY – Berikut makna pakaian adat Tanah Bambu yang dipakai Presiden Jokowi dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021.

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) tampil dengan mengenakan pakaian adat khas Kabupaten Tanah Bambu, Kalimatan Selatan saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila, Selasa, 1 Juni 2021.

Dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat itu, Presiden Jokowi tampak mengenakan jas hitam dengan corak keemasan, dibalut dengan kain tenun hijau dan laung atau penutup kepala berwarna senada.

Baca Juga: Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Presiden Jokowi Singgung Konektivitas 5G, Ada Apa Ya?

Pakaian adat dari Tanah Bambu yang dipakai Jokowi dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila bukan menjadi yang pertamakalinya. 

Sebelumnya Presiden pernah menggenakan pakaian adat dari suku Bugis Pagatan itu ketika Upacara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 pada tanggal 17 Agustus 2017.

Bedanya ketika Upacara Kemerdekaan Presiden memakai kain tenun berwarna merah maroon. Sedangkan pada upacara Hari Lahir Pancasila pagi tadi Jokowi memakai kain tenun berwarna hijau dengan corak keemasan.

Baca Juga: Kenali Pakaian Adat Suku Sabu NTT yang Dikenakan Jokowi di Sidang Tahunan MPR

Pakaian adat khas Kabupaten Tanah Bambu yang dikenakan Presiden Jokowi dalam Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila pagi tadi, tak bisa lepas dari pemngunnan kain tenun yang dijadikan sebagai sarung dan laung.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x